Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Masker Dobel Efektif Cegah Corona | Efek Ganja

KOMPAS.com - Tok, studi terbaru menegaskan bahwa penggunaan masker dobel lebih efektif cegah Covid-19.

Ini adalah salah satu berita populer Sains edisi Senin (19/4/2021) hingga Selasa (20/4/2021).

Selain itu, penelitian terbaru mengungkap kebanyakan orang sulit menurunkan berat badan jangka panjang. Apa penyebabnya?

Hingga pembahasan artis Jeff Smith yang mengaku memakai ganja karena tidak bisa tidur. Menurut ahli, karena sifatnya yang depresan, ganja memang membuat ngantuk.

Berikut ulasan berita populer Sains:

1. Masker dobel lebih efektif cegah Covid-19

Para peneliti di Fakultas Kedokteran University of North Carolina, Amerika Serikat, baru-baru ini mempublikasikan studi tentang manfaat penggunaan masker dobel atau masker ganda yang dinilai efektif cegah Covid-19.

Menurut penulis utama studi Emily Sickbert-Bennett, itu karena perlindungan ekstra yang diberikan masker dobel tidak hanya tentang menambah lapisan kain, tetapi juga menghilangkan celah atau area masker yang tidak pas.

Studi ini telah dipublikasikan di JAMA Internal Medicine, pada Jumat (16/4/2021) lalu.

"Kami telah menemukan bahwa jika salah satu masker dipasang longgar tidak akan memberi manfaat filtrasi, tapi dua masker akan pas dan bisa (memfiltrasi)," jelas profesor penyakit menular di sekolah kedokteran ini, seperti dikutip dari CNN, Senin (19/4/2021).

"Masker dobel terbaik adalah saat Anda dan orang yang berinteraksi dengan Anda masing-masing mengenakan masker yang sangat pas (tidak longgar)," jelas Sickbert-Bennett.

Baca penjelasan selengkapnya di sini:

Studi Baru Ungkap Masker Dobel Lebih Efektif Cegah Covid-19

Penelitian terbaru menunjukkan, bahwa penurunan berat badan yang berkelanjutan sangat sulit dilakukan bagi kebanyakan orang.

Studi ini melacak orang-orang di masyarakat umum selama lebih dari satu dekade dan menemukan, bahwa mereka yang sudah kelebihan berat badan atau obesitas cenderung tetap kelebihan berat badan atau obesitas.

Orang yang tetap gemuk ini tampaknya memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah jantung dan berisiko mengalami kematian dini, daripada orang lain dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Temuan ini menyoroti tantangan penurunan berat badan, yang sering dibingkai sebagai sesuatu yang dapat dilakukan siapa pun dengan kemauan yang kuat.

Baca hasil studi selengkapnya di sini:

Kebanyakan Orang Kesulitan Menurunkan Berat Badan dalam Jangka Panjang

Artis peran Jeff Smith ditangkap akibat penyalahgunaan narkoba jenis ganja.

Sudah dipakai selama setahun, Jeff Smith mengaku mengonsumsi ganja karena tidak bisa tidur.

Menurut dr Hari Nugroho selaku peneliti dan pakar adiksi dari Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta mengatakan, ganja atau marijuana memiliki sifat depresan.

Karena menjadi obat depresan, ganja dapat memengaruhi sistem saraf dengan cara membuat lambat sistem saraf. "Dan efek-efek yang dirasakan (saat memakai ganja) salah satunya mengantuk," kata Hari dihubungi Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Baca efek samping ganja selengkapnya di sini:

Jeff Smith Pakai Ganja karena Tak Bisa Tidur, Ini Efek Sampingnya

Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan menyampaikan kabar dirinya positif terinfeksi Covid-19 melalui akun Instagram pribadinya, Sabtu (17/4/2021).

Menurut ahli biologi molekuler Ahmad Utomo, apa yang dialami Atalia adalah hal wajar. Pasalnya, vaksin Covid-19 memang tidak memberikan perlindungan 100 persen, melainkan melindungi dari munculnya gejala parah.

“Wajar kok. Proteksi vaksin kan utamanya untuk mencegah gejala yang perlu masuk rumah sakit,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Seperti telah diberitakan Kompas.com sebelumnya (22/1/2021), Ahmad menjelaskan, salah satu alasan orang yang sudah divaksin masih bisa terinfeksi Covid-19, karena injeksi diberikan di bahu. Di mana injeksi di bahu ini menimbulkan antibodi IgG bukan IgA.

"Kalau untuk mencegah infeksi, maka (yang dibutuhkan) bukan suntikan di bahu. Tapi, inhaler untuk memicu IgA di rongga napas atas," imbuh dia.

Baca penjelasan selengkapnya kenapa hal ini wajar di sini:

Atalia Praratya Positif Corona, Ahli: Vaksin Cegah Gejala Parah Bukan Infeksi Covid-19

https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/20/060200323/populer-sains-masker-dobel-efektif-cegah-corona-efek-ganja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke