Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hari Jelang Lebaran, 15.506 Kendaraan Lintasi Tol MKTT

Kompas.com - 08/04/2024, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada H-3 Lebaran 2024 atau Minggu (7/4/2024), Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Pulau Jawa.

Untuk wilayah Sumatera Utara, tercatat 15.506 kendaraan melintasi Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT).

Volume kendaraan tersebut naik 9 persen jika dibandingkan lalu lintas (lalin) harian normal 2024 sejumlah 14.227 kendaraan.

Sedangkan untuk Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, tercatat sebanyak 61.320 kendaraan melintas.

Baca juga: H-7 hingga H-3 Lebaran, 1 Juta Kendaraan Keluar Jabotabek

Jumlah tersebut meningkat 6,3 persen dibandingkan lalin harian normal 2024 yakni sejumlah 57.683 kendaraan.

Untuk Ruas Tol Manado-Bitung, tercatat sebanyak 4.647 kendaraan melintas atau naik 11,4 persen dibandingkan lalin normal 2024 yaitu sebanyak 4.173 kendaraan.

Sementara itu, di ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, juga tercatat adanya peningkatan jumlah volume kendaraan.


Terdapat 38.578 kendaraan melintas di ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, naik 3,3 persen dibandingkan lalin normal yaitu sebanyak 37.334 kendaraan.

“Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur panjang Lebaran dengan baik,” ungkap Senior General Manager JNT, Truly Nawangsasi.

Karena itu, para pemudik yang melalui jalan tol diminta untuk memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima serta memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

Jika lelah berkendara, segera beristirahat di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area terdekat dan manfaatkan fasilitas yang tersedia seperti masjid, toilet, tenant makanan dan lain sebagainya.

Baca juga: Lalin Tol Trans-Sumatera Meningkat 50 Persen Saat Puncak Arus Mudik

Pengguna jalan di ruas Tol MKTT, dapat beristirahat di rest area Km 65 di kedua arah. Sedangkan, pengguna jalan ruas Tol Balikpapan-Samarinda, dapat melepas lelah di rest area Km 36 arah Samarinda dan Km 37 arah Balikpapan.

Untuk pengguna jalan Tol Manado-Bitung dapat memanfaatkan rest area yang berada di Km 17 arah Bitung dan Km 3 arah Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com