Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AHY Resmikan Kantor Pertanahan Jakarta Selatan

Kompas.com - 04/04/2024, 07:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meresmikan Kantor Pertanahan Jakarta Selatan pada Rabu (3/4/2024).

"Alhamdulillah baru saja kita saksikan bersama secara formal dan resmi Kantor Pertanahan Jakarta Selatan ini dibuka semua untuk melayani rakyat," ucap AHY.

Dalam peresmian tersebut, AHY didampingi oleh istri yang menjabat sebagai Ketua Ikatan istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian ATR/BPN Annisa Pohan.

AHY menekankan pentingnya upaya bersama dalam memperbarui dan memperkuat infrastruktur pertanahan di wilayah Jakarta Selatan.

"Kita ingin ke depan, dengan status barunya ini dan dengan kesiapan layanan elektronik, maka layanan pertanahan akan semakin responsif dan masyarakat bisa dengan mudah dan cepat mengurus segala hal terkait pertanahan," imbuh AHY.

Sebagai informasi, Kota Jakarta Selatan baru saja dideklarasi menjadi kota lengkap atau seluruh bidang tanah di wilayah tersebut sudah terpetakan.

Baca juga: Kejar Target PTSL, AHY Minta Tambahan Anggaran ke Sri Mulyani 

"Pada kesempatan hari ini, kita juga akan mendeklarasikan Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai kota lengkap, menyusul tiga kota administrasi lainnya yang telah terlebih dahulu ditetapkan sebagai kota lengkap di DKI Jakarta," terang AHY, Selasa (2/4/2024).

Tiga kota administrasi DKI Jakarta yang telah ditetapkan menjadi kota lengkap, antara lain Jakarta Utara, Jakarta Pusat, serta Jakarta Barat.

Sementara untuk Kota Administrasi Jakarta Timur akan segera menyusul menjadi kota lengkap dalam beberapa bulan ke depan.

"Ini penting, ini sebuah langkah yang mendasar karena sebelum kita bisa menyelesaikan sejumlah permasalahan dalam urusan pertanahan dan juga tata ruang terlebih dahulu, tentu kita ingin secara administrasi, secara spasial itu sudah terpetakan dengan baik," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com