Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penanganan Jalan Pantura Demak-Kudus Beres H-10 Mudik Lebaran

Kompas.com - 30/03/2024, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga menargetkan penanganan pasca banjir di ruas Simpang Tiga Trengguli-Batas Demak/Kudus selesai pada H-10 Lebaran 2024.

Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Wida Nurfaida mengatakan, kondisi jalan nasional pasca banjir cukup ekstrem di Demak/Kudus ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kemantapan jalan nasional di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

"Namun demikian, saat ini Balai tengah dilakukan pembersihan dan perbaikan. Diharapkan Kudus arah Semarang H-14 (Lebaran 2024) bisa diselesaikan dan Semarang ke arah Kudus selesai H-10 karena kondisi yang harus dilakukan perbaikan lebih panjang," tutur Wida dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (29/3/2024).

Baca juga: Cara WIKA Menambal Tanggul Demak yang Jebol Cuma dalam 3 Hari

Terkait penanganan pasca banjir ini, Komisi V DPR RI mengharapkan perbaikan jalan nasional ini jangan sampai menganggu arus mudik maupun balik Lebaran 2024.

Kemantapan jalan nasional dan pemenuhan standar pelayan minimal pada jalan tol termasuk rest area juga menjadi perhatian Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI.

Berdasarkan data Semester II Tahun 2023, kemantapan jalan di Jateng mencapai 96,73 persen.

Komisi V DPR RI berharap, angka ini bisa ditingkatkan mengingat Jateng menjadi lintasan utama pergerakan masyarakat terutama saat mudik Lebaran.

Prioritas utama saat arus mudik/balik Lebaran adalah keselamatan, keamanan dan pelayanan prima yang diberikan negara ke masyarakat.

"Oleh karenanya kami berharap Kementerian PUPR terus melakukan upaya-upaya preventif guna kelancaran Mudik Lebaran 2024," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com