Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kemacetan di Rest Area Saat Lebaran, Ini Strategi Jasa Marga

Kompas.com - 22/03/2024, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya di lajur utama jalan tol, kepadatan kendaraan saat mudik Lebaran juga berpotensi terjadi di dalam rest area.

Ini menjadi salah satu hal yang diantisipasi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT Jasamarga Related Business.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana mengatakan, fasilitas dan pelayanan di 59 rest area yang dikelola oleh Jasa Marga Group dipastikan berjalan dengan optimal.

“Jasa Marga juga akan melakukan rekayasa flow kendaraan di dalam rest area untuk mencegah kemacetan,” ungkapnya.

Baca juga: Pahami Lagi, Macam-macam Rest Area di Jalan Tol beserta Fasilitasnya

Kemudian, hal lain yang akan dilakukan adalah menyediakan SPBU modular di 14 lokasi rest area dan menambah toilet fungsional sebanyak 599 bilik.

Jasa Marga pun telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk memastikan kecukupan BBM, pengaturan antrian SPBU dengan penempatan petugas, hingga berkoordinasi dengan kepolisian untuk pelaksanaan buka tutup jika rest area mengalami kepadatan.

“Kami juga akan menyediakan klinik kesehatan, bekerjasama dengan Pertamina di rest area 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, rest area 792A dan B Jalan Tol Gempol-Pasuruan dan rest area 66A Jalan Tol Pandaan Malang,” papar Lisye.

Menurut dia, di beberapa rest area juga akan dilakukan penambahan posko layanan Kesehatan dan posko polisi.

“Jasa Marga juga mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai dengan menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 25 titik rest area, dari sebelumnya yang berjumlah 17 titik,” tandas Lisye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com