Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25.000 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Jawa Timur Tahun 2023

Kompas.com - 27/12/2023, 13:17 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah kecelakaan lalu lintas paling banyak sepanjang tahun 2023.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) sekaligus Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono dalam konferensi pers Catatan Akhir Tahun MTI di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim, Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Dari 116.000 kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia pada tahun 2023, sekitar 25.000 kecelakaan terjadi di Jawa Timur. Ini dipengaruhi oleh sebaran kendaraan paling banyak ada di Jawa Timur.

"Sebaran kendaraan di Jawa Timur paling tinggi. Angka kecelakaan di Jawa Timur 25.000 sekian, Jawa Tengah 23.000 sekian, 10.700 di Jawa Barat," jelas Rivan.

Namun demikian, terlihat ada peningkatan kecelakaan lalu lintas yang menonjol di Provinsi Bali dan Kalimantan Timur.

"Untuk Bali itu hampir dua kali lipat dari kecelakaan lalu lintas tahun lalu (2022), Kalimantan Timur itu naik 24 persen," ungkap Rivan.

Oleh karena itu diperlukan perbaikan penanganan atau antisipasi kecelakaan, termasuk di daerah-daerah yang tengah berkembang.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Bus di Ruas Tol Cipali yang Tewaskan 12 Orang

Selain itu, jenis kendaraan yang mendominasi kecelakaan lalu lintas adalah sepeda motor dengan persentase hampir 77 persen. Kemudian dominasi pengendara yang terlibat kecelakaan lalu lintas ada di usia produktif sekitar 25-40 tahun dengan persentase hampir 40 persen.

"Jenis kendaraan yang kedua masih angkutan berat, lalu angkutan umum," lanjut Rivan.

Sementara secara keseluruhan jika dibandingkan dengan tahun 2022, angka kecelakaan lalu lintas naik 6,8 persen dengan fatalitas turun hampir 6,5 persen. Ini dipengaruhi oleh adanya penanganan pasca-kecelakaan yang kian membaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com