Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rampung Kuartal I-2024, Progres Tol Padang-Sicincin Capai 41,34 Persen

Kompas.com - 21/11/2023, 06:24 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin sepanjang 36,6 km, yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru-Padang, kini sedang dikebut konstruksinya.

Dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Senin (20/11/2023), progres konstruksi Tol Padang-Sicincin sudah mencapai 41,34% dan ditargetkan selesai pada Kuartal I-2024 mendatang.

Dalam mendukung percepatan penyelesaian konstruksi jalan tol tersebut, diterapkan teknologi Electrical Density Gauge (EDG) yang merupakan inovasi berbasis teknologi digital untuk mengukur kepadatan suatu lapisan tanah maupun lapisan base.

Teknologi EDG hanya membutuhkan waktu 5 menit per satu titik pengujian, efektivitas sumber daya manusia karena pengujian dapat dilakukan oleh satu orang, serta pengolahan data berbentuk digital sehingga meminimalisir terjadinya human error.

Baca juga: Hingga Oktober 2023, Pemerintah Selesaikan Pembangunan 217,8 Km Jalan Tol

Selain itu, selama pelaksanaan konstruksi di lapangan juga tetap menjaga dan memerhatikan keberlanjutan lingkungan, memprioritaskan kualitas, serta nilai estetika dengan landscaping yang bagus.

Kehadiran Tol Padang-Sicincin nantinya akan mempermudah akses kendaraan dari dan menuju Provinsi Sumatera Barat yang memiliki beragam wisata yang menarik melalui budaya dan pesona alamnya.

Jika kelak beroperasi, jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh perjalanan berkendara dari yang biasanya 1,5 jam akan menjadi kurang lebih 30 menit saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com