Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelar Akhir 2023, Progres Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Capai 88 Persen

Kompas.com - 18/11/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai) sepanjang 24,7 kilometer sedang dikebut.

Dikutip dari laman Kementerian PUPR pada Sabtu (18/11/2023), sejauh ini progresnya telah mencapai 88,58% dan ditargetkan akan rampung konstruksi pada Desember 2023.

Jalan tol tersebut nantinya akan bermanfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, utamanya di sekitar pintu masuk dan keluar jalan tol.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau, T Juliansyah mengatakan, proses pembangunan ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai) tidak ada kendala berarti dan bisa dikebut.

"Alhamdulillah untuk Riau lahannya bisa bebas lebih cepat, sehingga konstruksinya juga bisa dipercepat. Dan sejauh ini saya tidak melihat ada kendala yang signifikan," ujarnya saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI di Kapupaten Kampar, Provinsi Riau, Kamis (16/11/2023).

Baca juga: Kelar Uji Laik Fungsi, Ruas Pamungkas Tol Cijago Siap Dioperasikan

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyampaikan, kualitas pekerjaan pada ruas tol ini terlihat sudah bagus.

"Diharapkan dalam waktu dekat tol ini bisa terealisasi sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatera Barat," tukasnya.

Sebagai informasi, ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Tahap 1 (Tanjung Alai) merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans-Sumatera yang akan dilengkapi dengan jembatan layang yang dibangun di atas lembah dan menyuguhkan pemandangan alam yang asri.

Pembangunannya dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya Infrastruktur dengan biaya investasi senilai Rp 4 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com