Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2023, 19:40 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peletakan batu pertama atau groundbreaking tahap II Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilaksanakan pada 1-3 November 2023.

Pada groundbreaking kali ini, nilai investasi yang berhasil terserap mencapai Rp 12,5 triliun untuk 10 proyek.

Sementara pada groundbreaking sebelumnya, sudah ada proyek senilai Rp 23 triliun yang dibangun di IKN.

Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, 10 proyek tersebut berasal dari pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun swasta.

Di antaranya adalah rumah sakit, mal yang terintegrasi dengan hotel dan apartemen, beberapa Kantor Pemerintah, Pulau Suaka Orangutan, Bandara VVIP, dan sekolah negeri maupun internasional.

Bambang menjelaskan, target pembangunan IKN tidak hanya berupa angka, namun juga hadirnya suatu ekosistem yang sudah berfungsi untuk dinikmati.

"Bidang yang bervariasi ini menunjukkan bahwa di IKN sudah ada fasilitas-fasilitas dasar bagi masyarakat yang akan pindah tahun depan," jelas Bambang, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Keberlangsungan Masyarakat Adat di IKN Dijamin UU dan Perpres

Salah satu kegiatan groundbreaking yang akan dilakukan adalah relokasi SDN 020 Sepaku dengan konsep dan desain baru di tanah yang diberikan oleh desa sekitar 400 meter dari lokasi awal.

"Dengan begitu, desain community-based development sudah ada di sekolah ini. Dan semoga sekolah ini bisa menjadi contoh untuk nantinya diaplikasikan di semua sekolah negeri," imbuhnya.

Kegiatan groundbreaking ini merupakan hasil dari proses yang panjang dari jajak pasar tahun lalu.

"Meskipun prosesnya cukup panjang, tapi di sinilah kita bisa menunjukkan bahwa mesin pertumbuhan atau pembangunan mulai berputar sebagaimana yang kita inginkan dari awal,"pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com