Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peningkatan Ruas Jalan dan Pembangunan Bundaran Bandara Mulai Terlihat

Kompas.com - 14/10/2023, 12:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Sejumlah proyek infrastruktur yang dikerjakan Badan Pengusahaan (BP) Batam sejak awal tahun 2023 ini sudah mulai terlihat.

"Pembangunan infrastruktur dan peningkatan ruas jalan ini sebagai langkah BP Batam, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam," kata Kepala BP Batam M Rudi, Jumat (13/10/2023).

Pembangunan infrastruktur dan peningkatan ruas jalan ini tidak hanya untuk kepentingan investasi, tapi juga  kemudahan mobilisasi dan mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

"Pelebaran ruas jalan bertujuan agar ekonomi Batam terus maju. Kalau maju, masyarakat akan memiliki kesempatan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan," ungkap Rudi.

Sementara kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait menuturkan, ada lima proyek pembangunan yang dilaksanakan BP Batam sejak Januari 2023.

Baca juga: HOAKS: BP Batam Minta Warga Pulau Rempang Bayar Selisih Harga Rumah

Lima proyek itu dibagi ke dalam peningkatan ruas jalan arteri yang menghubungkan Batu Ampar hingga Batu Besar sepanjang 20 km dan pembangunan bundaran Bandara Hang Nadim.

"Untuk progres keseluruhan, hingga saat ini sudah mencapai 85,6 persen," terang Ariastuty.

Ia menjelaskan, proyek pertama adalah peningkatan ruas jalan Simpang Laluan Madani hingga bundaran Punggur. Saat ini, progres pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai 92 persen.

Selanjutnya, peningkatan ruas jalan Bundaran Punggur hingga Simpang Bandara, yang progresnya sudah mencapai 98 persen.

Kemudian, Jalan Yos Sudarso Tahap 4 atau ruas jalan dari Underpass Pelita hingga Nagoya Gate. Saat ini, progresnya berada pada angka 53 persen.

Baca juga: Hak Pengelolaan Lahan Pulau Rempang dan Galang Dikuasai BP Batam

Ada juga, pengembangan ruas Jalan Hang Jebat dari Simpang Batu Besar hingga Simpang Turi Beach. Saat ini, sudah rampung 100 persen.

Terakhir, pembangunan bundaran Bandara Hang Nadim yang saat ini tembus 85 persen.

"Kami mengupayakan pengerjaan yang sudah teken kontrak bisa selesai dengan tepat waktu. Kami berharap, pengerjaan bisa lancar, dan didukung penuh oleh masyarakat," pungkas Ariastuty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com