Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi Stadion untuk Piala Dunia U-17 Digarap September Ini

Kompas.com - 09/09/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi stadion untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 akan segera dilaksanakan pada bulan September ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan porsi untuk merenovasi Stadion Si Jalak Harupat di Bandung dan Stadion Manahan di Solo.

Sementara ada 4 stadion yang digunakan, yaitu JIS, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Bung Tomo, dan Stadion Manahan.

"Kalau Jakarta International Stadium (JIS) itu akan ditangani oleh DKI Jakarta, kami hanya yang di Solo sama Bandung," ujar Diana saat ditemui usai Seremoni Pembukaan Nusantara Sail 2023 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Bahtera Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/9/2023).

Diana optimistis renovasi stadion tersebut bakal rampung sebelum penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada November 2023 mendatang.

"Kita sedang proses lelangnya. Mudah-mudahan renovasi bisa segera kita lakukan. Mulai bulan ini Insya Allah," imbuh Diana.

Baca juga: Renovasi Stadion Kanjuruhan Dimulai 2024, Termasuk Pembangunan Monumen

Selain merenovasi stadion, Kementerian PUPR juga ditugaskan untuk membangun Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dari Ancol ke JIS.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menuturkan saat ini proses pembangunan JPO masih di tahap pemasangan tiang beton.

"Kita usahakan sebelum perhelatan bisa digunakan, fungsional paling tidak," ucap Hedy pada kesempatan yang sama.

JPO ini akan memiliki panjang 430 meter dengan lebar 5 meter dan menghabiskan anggaran sekitar Rp 80 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com