Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renovasi 4 Venue Utama Piala Dunia U-17 Tak Lebih dari Rp 100 Miliar

Kompas.com - 09/08/2023, 20:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, kucuran dana untuk renovasi empat venue utama Piala Dunia U-17 tak lebih dari Rp 100 miliar

Keempat venue tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Si Jalak Harupat Bandung, Gelora Bung Tomo di Surabaya, maupun Manahan di Solo.

Kata Basuki, anggaran untuk merenovasi keempat stadion tersebut berasal dari sisa-sisa tender (lelang) tahun ini.

“Kalau yang ini kan cuma renovasi yang empat tadi, atau yang enam, itu enggak terlalu besar. Kira-kira enggak lebih dari 100 miliar,” kata Basuki dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Kata dia, dana sekitar Rp 80 miliar dikucurkan untuk pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) menuju tempat parkir di Ancol sepanjang 430 meter dengan lebar 5 meter.

Selain itu, juga dibangun off-ramp di belakang JIS oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk atau CMNP.

Baca juga: Basuki Ajak Menpora, Ketum PSSI, Gubernur DKI, dan Jabar Bahas Renovasi Stadion Rabu Ini

Fungsinya, untuk bisa membuat jalan akses sekitar danau cincin sehingga dari ramp tol bisa menyusur danau cincin untuk bisa menuju ke JIS.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan pembukaan Piala Dunia U-17 resmi digelar di JIS pada November 2023 nanti.

"Gini, pembukaan bakal ada di JIS, penutupan di Solo,” tegas Erick singkat.

Akan tetapi, kata Erick, pembukaan Piala Dunia U-17 tidak dapat disamakan dengan kejuaraan dunia level senior karena tidak dilaksanakan semegah itu.

Erick mengungkapkan, awalanya ada 8 stadion yang diusulkan, namun FIFA mengerucutkannya menjadi empat.

Sebab, sudah tersisa waktu 93 hari lagi yang membuat persiapannya pun sangat singkat, dan terdapat beberapa hal yang perlu disepakati seperti logistik, pendanaan, dan lain sebagainya.

Untuk diketahui, FIFA sudah meninjau langsung dari 28 Agustus 2023-2 Juli 2023 mengenai proposal dan kesiapan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com