Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Belum Ketat, "Premium Outlets" Dinilai Sangat Prospektif

Kompas.com - 08/09/2023, 06:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang kerap melancong ke luar negeri seraya berbelanja barang berjenama, mungkin tak asing lagi dengan pusat perbelanjaan berkonsep premium outlets.

Ya, konsep yang terbilang baru di Indonesia ini diprediksi akan menjadi tren dalam beberapa tahun mendatang. Menyusul rencana pembukaan premium outlet pertama tahun 2023 di Karawang, Jawa Barat.

Director Knight Frank Sindiani Surya Adinata mengemukakan pendapatnya saat menjawab pertanyaan Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Menurut Sindi, karena terbilang baru, belum banyak pengembang yang bermain di ranah ini. Sehingga beberapa proyek yang akan dibuka maupun yang tengah dalam tahap konstruksi memiliki peluang untuk menjadi destinasi belanja pilihan.

Baca juga: Dibuka Akhir 2023, Begini Progres Mal Mewah Kalangan Tajir di Karawang

"Pemain masih sedikit. Persaingan belum ketat. Jadi, prospeknya sangat bagus ke depan," ujar Sindi.

Premium outlets sendiri diartikan sebagai portofolio pusat perbelanjaan yang menawarkan barang atau produk mewah berjenama dengan harga lebih murah.

Meski barang atau produk yang ditawarkan telah lewat musim edarnya, namun masih diminati banyak orang.

Di beberapa negara tertentu, konsep ini sudah biasa seperti Johor Premium Outlets Malaysia, Siam Premium Outlets Thailand, Gotemba Premium Outlets Jepang, Hyundai Premium Outlets Korea Selatan dan masih banyak lagi.

Umumnya, premium outlet ini terletak di pinggiran kota dengan catchment area lebih luas karena dikunjungi oleh turis-turis asing yang tidak bisa mendapatkan produk mewah dengan harga miring.

Nah di Indonesia, pengembangan pertama konsep seperti ini akan dibuat di Karawang, yang jauh dari Jakarta sebagai pusat bisnis dan pemerintahan.

"Analoginya mirip dengan yang di luar negeri yaitu di kota pinggiran dengan konsep satu ruang terbuka atau open spaceuntuk sirkulasinya," cetus Associate Director Research and Consultancy Department Leads Property Indonesia Martin Samuel Hutapea.

Baca juga: Bangun Mal Mewah Khusus Kalangan Tajir di Karawang, Siapa Tuan Sing?

Di Karawang, akan ada Villagio Premium Outlets di Summarecon Emerald Karawang yang dikembangkan PT Summarecon Agung Tbk, dan The Grand Outlets East Jakarta yang dibangun oleh Mitsubishi Estate dan Tuan Sing Holdings Limited.

Tentu saja target marketnya, adalah kelas menengah atas dan para pekerja asing yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, China, dan beberapa ekspatriat dari negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

Dengan adannya konsep ini, diharapkan dapat mengangkat image dunia ritel di Karawang serta memberikan pemasukan bagi ekonomi daerah setempat serta bertambahnya tenaga kerja.

"Bahkan bila kabar ini sampai di luar negeri, diharapkan turis- turis asing juga ikut berbelanja di sini sehingga meningkatkan jumlah turis asing juga," imbuh Martin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com