Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Property Expo Digelar di 8 Mal, Tawarkan Bunga KPR 2,99 Persen

Kompas.com - 28/06/2023, 14:37 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengakomodasi tingginya kebutuhan rumah menuju pemulihan pasca pandemi Covid-19, Rumah Property Expo digelar di 8 pusat perbelanjaan besar se-Jadebotabek dan Bandung.

Ekspo properti ini berlangsung pada 26 Juni hingga Desember 2023 mendatang, dengan rincian; Botani Square (26 Juni-2 Juli), Mall Artha Gading (24-30 Juli), Cibinong City Mall (14-20 Agustus), dan Gandaria City (28 Agustus-3 September).

Kemudian Central Park (11-17 September), Margo City (30 Oktober-5 November), Grand Metropolitan Bekasi (27 November-3 Desember), dan Trans Studio Mall Bandung (11-17 Desember).

Baca juga: Nih Syarat Rumah Subsidi yang Bisa Dapat Diskon Harga PPN

Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan, terselenggaranya pameran ini karena pasar properti Nasional mulai menunjukkan optimisme, seiring sentimen positif pada Kuartal I-2023.

Sentimen positif ini terutama terlihat pada indeks harga dan permintaan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, baik dari sisi penjual maupun konsumen.

Marine mengungkapkan, berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Report Q2 2023, terjadi kenaikan indeks harga sebesar 1,7 persen secara kuartalan pada Kuartal I-2023 dan kenaikan indeks harga sebesar 7,1 persen secara tahunan.

"Kenaikan secara kuartalan dan tahunan tersebut lebih tinggi dibandingkan kenaikan pada kuartal sebelumnya," cetus Marine.

Baca juga: Pemerintah Beri Diskon PPN Rumah Subsidi hingga 11 Persen

Dari sisi suplai, indeks suplai pada kuartal pertama 2023 masih stagnan pada angka yang sama dengan kuartal sebelumnya yaitu sebesar 0,3 persen.

Namun secara tahunan, indeks suplai menunjukkan kenaikan sebesar 6,6 persen. Sementara dari sisi permintaan, indeks permintaan naik sebesar 14,5 persen secara kuartalan.

"Sebelumnya, pada kuartal keempat 2022, indeks permintaan turun hingga 20 persen secara kuartalan," kata Marine.

Menurut Marine, ada 160 proyek yang diikuti sekitar 34 pengembang dengan rentang harga properti mulai dari Rp 400 jutaan, hingga Rp 6,6 miliar.

Ada pun pengembang yang berpartisipasi di antaranya Kalindo Land, Kesuma Agung Selaras, Kota Baru Parahyangan, dan Patra Jasa.

Baca juga: Sah, Harga Rumah Subsidi Terbaru mulai Rp 162 Juta hingga Rp 234 Juta

Sementara proyek-proyek yang dipamerkan yakni Cimanggis Golf Estate, Royal Tajur, Emerald Residence Tangerang, One Central Business District (OCBD), The Sanctuary Bogor, Kemang Eminence, serta Varana by Jagorawi Golf Estate.

Bagi calon pembeli rumah atau property seeker, akan mendapatkan sejumlah kemudahan dari sisi pembiayaan, dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sebagai sponsor acara.

Bank pelat merah ini memberikan suku bunga 2,99 persen fixed 1 tahun untuk KPR da? KPA.

Selain itu, tersedia juga consultation booth yang membantu pencari hunian berkonsultasi, mendapat panduan serta tips seputar pembelian rumah.

Demi membantu para pencari properti membuat keputusan dengan tepat dan lebih percaya diri, Rumah Property Expo juga menghadirkan diskusi interaktif bersama pakar terpercaya.

Dari pameran di 8 pusat perbelanjaan ini, Rumah Property Expo menargetkan transaksi senilai Rp 200 miliar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com