Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jatim Buka Layanan Perizinan Usaha Gratis di Mal

Kompas.com - 03/06/2023, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur membuka layanan perizinan usaha gratis di salah satu mal di Surabaya sebagai bentuk kemudahan pengurusan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha.

"Kami memberi fasilitas ‘jemput bola’ pada 1-4 Juni 2023 bersamaan dengan Pameran Kampoeng Kreasi di Royal Plaza," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagaimana dikutip dari Antaranews, Sabtu (3/6/2023).

Pada kesempatan tersebut, pemprov setempat memfasilitasi pelayanan untuk tujuh item perizinan usaha.

Mulai dari pendaftaran merek, sertifikasi halal, uji laboratorium, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), desain kemasan, Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), dan pelayanan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Oleh karena itu, Khofifah mengajak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jatim untuk bisa mengakses serta memanfaatkannya.

Baca juga: Ingin Buka Usaha di Mal? Segini Harga Sewanya

"Ini merupakan wujud komitmen Pemprov Jatim untuk memajukan sektor UMKM di Jatim," ucap mantan Menteri Sosial tersebut.

Khofifah menegaskan, elayanan perizinan gratis untuk tujuh item perizinan usaha tersebut adalah bagian dari program Millenial Job Center di bawah komando Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (UKM) Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, giat tersebut termasuk dalam bagian dari "Nawa Bhakti Satya" yang merupakan program kepemimpinan Khofifah dan Emil Elestianto Dardak sebagai pemimpin di Jatim di periode kali ini.

Sejak dilaksanakan tahun 2019 hingga 2022, Dinas K-UKM telah memfasilitasi pembuatan desain kemasan sebanyak 425 pelaku usaha.

Berikutnya, untuk layanan uji laboratorium telah dilayani sebanyak 66 pelaku usaha, 524 layanan sertifikasi halal, 48 layanan standarisasi produk, dan pendaftaran kekayaan intelektual merek sebanyak 2.757 pelaku usaha.

Pada tahun 2023, lanjut dia, layanan tersebut terus ditingkatkan dan terdapat 200 UMKM mendapat pendampingan desain kemasan mulai logo hingga foto produk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com