Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Juni, Rumah di Tangerang Paling Banyak Dicari Masyarakat

Kompas.com - 18/07/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama Juni 2023, Tangerang menjadi wilayah terpopuler terkait permintaan hunian dengan 15,6 persen dari total listing enquiries untuk rumah di Indonesia.

Sementara posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati Jakarta Barat dan Jakarta Selatan sebesar 10,1 persen dan 9,8 persen.

Hal ini diketahui dalam Flash Report Rumah123 Juli 2023 seperti yang diterima Kompas.com, Selasa (18/7/2023).

Associate Vice President Marketing 99 Group Indonesia Firman Pamungkas Putra mengatakan, Tangerang telah menjadi pilihan favorit bagi pencari hunian sejak tahun 2020 hingga Semester I-2023.

"Kota ini menjadi primadona tempat hunian karena beberapa alasan seperti keterlibatan pengembang berskala besar dan terpercaya dalam mengembangkan kawasan tersebut menambah reputasi dan kepercayaan dalam hal kualitas hunian,” ucapnya.

Tangerang juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap, termasuk area komersial seperti pusat bisnis, ruko, perkantoran, dan publik seperti ruang terbuka hijau (RTH) yang memadai, rumah sakit hingga sekolah.

Selain itu, beberapa perusahaan terkemuka juga telah membuka kantor di Tangerang. Sehingga, menjadikan kota ini semakin menarik sebagai tempat tinggal dan potensi investasi yang menjanjikan.

Baca juga: Bidik Milenial di Tangerang, Suvarna Sutera Rilis Rumah Estetik

“Oleh karena itu, tidak mengherankan jika masyarakat terus mengamati perkembangan di Tangerang dan mempertimbangkannya sebagai pilihan tempat tinggal, baik dengan membeli, menyewa, maupun membangun hunian,” ungkap Firman.

Kendati demikian, dari sisi kenaikan harga rumah tahunan tertinggi di Jabodetabek, Bogor menjadi jawaranya. 

Dalam laporan yang sama menunjukkan, harga tahunan rumah di Bogor naik sebesar 4,5 persen. Permintaan hunian sewa dan jual di Bogor telah meningkat sejak awal tahun 2023.

"Peningkatan paling signifikan terjadi pada Mei 2023, dengan kenaikan 97,4 persen untuk rumah sewa dan 53,2 persen untuk rumah jual," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com