Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2023, 11:53 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan pegawai Badan Usaha Pelaksana (BUP) sistem pembayaran tol nirsentuh tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) mempertanyakan langkah direksi baru yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Hal ini diutarakan oleh Ketua Tim Pengacara Forum Karyawan RITS dari Kantor Hukum Sugiharto & Co Adi Sugiharto saat ditemui di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

"Nah, ini kan jadi pertanyaan, ada apa sebenarnya? Kan begitu. Ada urusan apa sebenarnya pada direksi yang baru ini kemudian memberikan PHK sepihak ini? Ada motivasi apa? Ada tujuan apa? Apa memang enggak paham kan begitu, atau kemudian ada tujuan-tujuan lain?," tegas Adi.

Adi mengungkapkan, hal ini yang ingin diselesaikan oleh mantan karyawan dengan RITS soal komunikasi, baik dalam tingkat bipartit dengan perusahaan.

Namun, apabila tak bisa diselesaikan secara bipartit, maka akan dilakukan dengan cara tripartit

"Kenapa di-PHK? Kami juga belum tahu nih, dari surat, dari penjelasan dan lain sebagainya, yang pasti akan kami sikapi dalam waktu dekat. Kan begitu," sambung Adi.

Baca juga: Karyawan Roatex Tiba-tiba Dipecat, Kuasa Hukum: Ini PHK Sepihak

Maka dari itu, melalui forum ini dengan langkah bipartit diharapkan agar para karyawan dapat dipekerjakan kembali. 

Namun, apabila dilakukan pemecatan, maka disesuaikan oleh hak dan kewajiban para mantan karyawan RITS.

Sementara, Direktur Utama RITS Attila Keszeg sebelumnya mengatakan, tujuan dari restrukturisasi ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dalam menyiapkan MLFF di Indonesia.

“Kami saat ini sedang melakukan penataan kembali manajemen sekaligus mengambil langkah langkah yang diperlukan untuk memperkuat sejumlah posisi dengan sumber daya manusia profesional andal," ucap Attila.

Secara keseluruhan, restrukturisasi akan dilakukan selama 6 bulan secara gradual termasuk proses rekrutmen untuk mengisi kebutuhan yang akan meningkat seiring dengan berjalannya fase operasional ini.

“Kami, Roatex Indonesia mengundang Anda, calon karyawan terbaik bangsa, untuk menjadi bagian dari sejarah jalan tol dan transportasi Indonesia," tandas Attila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com