Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-1 Idul Adha, 388.000 Kendaraan Tinggalkan Area Jabotabek

Kompas.com - 29/06/2023, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Selasa (27/6/2023) atau H-2 hingga Rabu (28/6/2023) atau H-1 Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 388.942 kendaraan keluar dari Jabotabek.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans-Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalin yang keluar wilayah Jabotabek kali ini tercatat naik hingga 50 persen jika dibandingkan lalin normal.

Untuk distribusi lalu lintas keluar Jabotabek, mayoritas kendaraan masih menuju ke arah Timur (Trans-Jawa dan Bandung), yakni sebanyak sebanyak 206.511 kendaraan (53,10 persen).

Sementara itu, 103.834 kendaraan (26,70 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 78.597 kendaraan (20,21 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

Baca juga: Selama Libur Idul Adha 2023, Lalin Kendaraan Barang Dibatasi

 

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah Timur (Trans-Jawa dan Bandung)

- Kendaraan yang keluar Jabotabek menuju arah Trans-Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek berjumlah 113.089 kendaraan, atau naik 114,9 persen dari lalin normal.

- Kendaran yang keluar Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, sejumlah 93.422 kendaraan, naik sebesar 75,91 persn dari lalin normal.

Total lalin kendaraan yang keluar Jabotabek yang menuju arah Trans-Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 206.511 kendaraan, naik sebesar 95,32 persen dari lalin normal.

 

Arah Barat (Merak)

Jumlah kendaraan yang keluar Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 103.834 kendaraan, atau naik 12 persen dari lalin normal.

Arah Selatan (Puncak)

Jumlah kendaraan yang keluar dari Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebanyak 78.597 kendaraan. Jumlah ini naik 29,14 persen dari lalin normal.

Baca juga: Selama Shalat Idul Adha, Jembatan Ampera Ditutup Sementara

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyebutkan, Jasa Marga terus memastikan layanan operasional jalan tol Jasa Marga Group pada masa libur panjang Hari Raya Iduladha 1444H berjalan optimal.

"Yang menjadi perhatian utama yaitu di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang, di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk ke arah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans-Jawa dan Bandung," ujar Lisye dalam rilis resminya. 

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Para pengemudi diminta untuk berada dalam keadaan prima sebelum berkendara, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Bagi yang ingin mengakses informasi lalu lintas terkini bisa mengakses layana melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com