Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Long Weekend" Idul Adha, 556.778 Tiket KA Jarak Jauh Laku Terjual

Kompas.com - 28/06/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 556.778 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) telah terjual pada long weekend Idul Adha, Selasa (27/6/2023) hingga Minggu (2/7/2023) atau rata-rata 92.796 tiket per hari.

Jumlah tersebut merupakan 74 persen dari total keseluruhan tiket KAJJ yang dijual sebanyak 751.069 tiket.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Purwokerto pp, Jakarta-Solo pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan relasi lainnya.

Pada periode long weekend Idul Adha 2023, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengoperasikan 1.340 KAJJ.

Baca juga: Tersisa 26 Persen, Tiket KA Jarak Jauh Saat Libur Panjang Idul Adha

Terdapat penambahan 18 perjalanan KA dibanding pekan sebelumnya yaitu Selasa (20/6/2023) sampai dengan Minggu (25/6/2023) sebanyak 1.322 perjalanan KA.

KA-KA yang ditambah perjalanannya yaitu KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), KA Manahan (Gambir-Solo Balapan pp), dan KA Pandalungan (Gambir-Jember pp).

Lalu, KA Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng pp), dan KA Kaligung (Semarang Poncol-Cirebon Prujakan pp).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di momen Idul Adha.

“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” terang Joni dikutip dari laman KAI, Rabu (28/6/2023).

Joni melanjutkan, dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan menghantarkan masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. 

"Sehingga, momen liburan bersama keluarga atau kawan dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com