Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matangkan Rencana Layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta, Survei Rute Dilakukan

Kompas.com - 11/06/2023, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana kehadiran layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta terus dimatangkan oleh instansi terkait.

Bahkan survei pun telah dilakukan untuk menemukan usulan rute mana saja yang nantinya bisa dilayani oleh bus Transjakarta. 

Pembahasan telah dilakukan beberapa kali. Pertemuan terbaru baru saja berlangsung pada Jumat (9/6/2023).

Baca juga: Heru Budi Setuju Bus Transjakarta Masuk Bandara Soekarno-Hatta pada Jam Tertentu

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana menuturkan telah melakukan survei kepada para pekerja di bandara.

Survei dilakukan untuk mendapatkan masukan rute mana saja yang nantinya dilayani oleh bus Transjakarta.

“Agar kebutuhan layanan rute yang tepat sasaran dan juga memertimbangkan waktu tempuh,” jelas Dwi dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

 

Kajian secara peraturan juga dilakukan mencakup mengenai trayek, rute dan hal-hal lainnya agar operasional bus Transjakarta tetap sesuai regulasi yang berlaku.

“Seluruh layanan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk transportasi publik harus mematuhi dan memenuhi semua regulasi,” jelasnya.

 

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan pembahasan bersama seluruh pihak berjalan dengan baik dan lancar.

“Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta telah melalui pembahasan beberapa kali, antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta,” jelas Muhammad.

Baca juga: Transjakarta Perluas Jangkauan Bus Pink Khusus Wanita, Cek di Sini

Dikatakan, pembahasan ini sebagai tindak lanjut dari usulan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta yang disampaikan saat pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, beberapa waktu lalu.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mengkaji kemungkinan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta,” tegas Muhammad.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza mengatakan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta tentunya akan dilengkapi dengan perizinan rute yang dilayani.

“Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta juga dipastikan memenuhi standar layanan minimum, tidak boleh diluar ini, termasuk terkait dengan headway (selisih antar waktu keberangkatan bus),” ujar Welfizon.

Adapun layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta nantinya menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat akan dilakukan simulasi operasional bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com