Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Perluas Jangkauan Bus Pink Khusus Wanita, Cek di Sini

Kompas.com - 02/03/2023, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memperluas jangkauan layanan bus pink untuk penumpang wanita.

Dilansir dari laman resmi Transjakarta, Kamis (2/3/2023), perluasan operasional bus pink ini ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pelanggan perempuan.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, bus pink akan dioperasikan secara bertahap.

Untuk tahap satu, Transjakarta akan mengoperasikan sebanyak 15 armada bus pink di 5 koridor, mulai 27 Februari 2023.

Kelima koridor tersebut meliputi, Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 9 (Pinang ranti-Pluit), Koridor 13 (Ciledug-Tendean) dan rute PGC-Harmoni (5C).

Selanjutnya pada tahap dua atau terhitung mulai bulan Maret 2023, Transjakarta akan menambah 5 unit armada bus pink.

Sehingga nantinya, Transjakarta akan memiliki 20 unit bus pink dengan jangkauan hingga 7 rute. 

"Transjakarta memperluas operasi bus pink agar dapat menjangkau lebih banyak penumpang wanita yang bermobilitas seorang diri," kata Apri.

Baca juga: 79 Persen Konsumen Keluhkan Tarif Integrasi Tap-in dan Tap-Out Transjakarta

Penyediaan bus pink juga sebagai bentuk ajakan Transjakarta kepada pelanggan perempuan untuk tetap menggunakan layanan transportasi umum tanpa perlu merasa khawatir.

"Bus pink hadir untuk meminimalisir terjadinya pelecehan seksual. Kami ingin penumpang wanita dapat menikmati layanan Transjakarta dengan merasa aman dan nyaman," imbuh Apri.

Selain itu, Transjakarta juga memperkuat sistem keamanan di semua lini pelayanan, salah satunya dengan menyediakan kamera pengawas di setiap armada.

Sementara bagi pelanggan Transjakarta yang menggunakan aramda reguler, tersedia ruang khusus wanita di bagian depan bus yang juga dilengkapi dengan kamera pengawas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com