Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perumahan Bumi Sirnagalih Damai Siap Ditempati Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 02/03/2023, 14:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah masyarakat korban gempa Cianjur bakal segera menempati Perumahan Bumi Sirnagalih Damai.

Pasalnya Kementerian PUPR telah merampungkan pembangunan kompleks Hunian Tetap (Huntap) Tahap I sebanyak 200 unit di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur.

Sebagaimana nengutip informasi resmi dari laman Ditjen Perumahan Kementerian PUPR pada Kamis (02/03/2023), pada bagian pintu gerbang utama kompleks huntap di atas lahan seluas 2,4 hektar itu diberi papan nama perumahan bertuliskan Bumi Sirnagalih Damai.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyampaikan, pembangunan Huntap Tahap I ini dilakukan secepat mungkin dan menjadi bagian dari operasi kemanusiaan Kementerian PUPR untuk membantu masyarakat dan Pemkab Cianjur.

"Sehingga tidak perlu terlalu lama tinggal di tenda pengungsian," ujarnya.

Baca juga: 200 Huntap RISHA untuk Korban Gempa Cianjur Siap Diserahkan

Pembangunan huntap ini dilaksankan selama tiga bulan, yakni mulai awal Desember 2022 dan bisa segera dihuni oleh masyarakat pada awal Maret 2023.

"Kami juga ingin masyarakat segera memanfaatkan bangunan ini bersama keluarganya dan memiliki semangat hidup baru,” harapnya.

Adapun spesifikasi bangunanya menggunakan struktur teknologi rumah tahan gempa yakni RISHA, dinding bata ringan, dan diplester aci.

Kemudian, rangka atap bangunan menggunakan baja ringan dengan penutup atap galvalum.

Sedangkan lantainya menggunakan keramik ukuran 60x60, pintu serta jendela UPVC, plafon gypsum, serta dilengkapi jaringan listrik 900 watt dan jaringan air PDAM.

Tak hanya itu, tersedia pula jalan lingkungan yang dicor beton, dan dilengkapi fasilitas balai warga, taman bermain, penghijauan, serta masjid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com