Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2023, KEK Kura-kura Bali Direncanakan Punya Dua Fasilitas Ini

Kompas.com - 02/06/2023, 13:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah fasilitas direncanakan sudah mulai terbangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali.

Mengutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian, KEK Kura-Kura Bali (KKB) yang baru saja ditetapkan pada April 2023 ini memiliki luas lahan 498 hektar.

Sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, KEK KKB akan dikembangkan kegiatan pariwisata luxury berkelas internasional.

Dengan menghadirkan Kawasan Marina Terintegrasi (Marina Mixed-use & Integrated Resort), Hotel dan Resor bintang 5 dan bintang 6, centre for exellence for education (UID Tsinghua SEA Executive Education Center) dan tech park, serta Mixed-use commercial center dan lifestyle wellness center.

Adapun rencana tahun 2023, terbangunnya beberapa fasilitas seperti, Pusat Pendidikan Eksekutif UID Tsinghua SEA dan Taman Budaya.

Lalu tahun 2024, rencananya akan dimulai pembangunan fasilitas lainnya seperti, Premium Outlet Mall, Intercultural School, dan infrastruktur marina berupa Sea Wall sepanjang 4 km.

Baca juga: Tahun 2023, KEK Lido Bidik Raup Investasi Rp 694 Miliar

Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, selaku Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK, Susiwijono menyampaikan, penetapan PT Bali Turtle Island Development sebagai Badan Usaha Pembangun dan Badan Usaha Pengelola (BUPP) KEK KKB telah diteken melalui Keputusan Ketua Dewan Nasional KEK Nomor 1 Tahun 2023.

Di mana, PT Bali Turtle Island Development memiliki kewajiban untuk melakukan pembangunan dan pengelolaan kawasan, termasuk menghadirkan investasi baru di KEK KKB.

"Sudah disampaikan Penetapan BUPP untuk KEK KKB sehingga sudah lengkap dari persyaratan formal dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kedua KEK ini, tingal kita dorong perkembangannya," jelas Susiwijono.

Dalam lima tahun pertama, KEK KKB ditargetkan mampu menghadirkan investasi sebesar Rp 12 triliun dan menyerap 2.045 tenaga kerja langsung serta 3.783 tenaga kerja tidak langsung.

ketika beroperasi secara ultimate pada 2052, KEK KKB ditargetkan bisa menarik investasi sebesar Rp 104,4 triliun, dan membuka lapangan kerja sebesar 99.853 orang baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com