Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Buka Peluang Kerja Sama dengan Desainer Indonesia

Kompas.com - 11/05/2023, 21:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - IKEA membuka peluang kerja sama dengan desainer lokal dalam memproduksi koleksi-koleksi furnitur dan perabot rumah tangga terbaru.

Communications and Public Relation Manager IKEA Indonesia memastikan hal itu kepada Kompas.com, usai peluncuran koleksi terbaru Batua, Kamis (11/5/2023).

"Sebelumnya, IKEA telah bekerja sama dengan desainer Indonesia dalam membuat uniform (seragam) batik untuk karyawan. Dan karya desain batik yang dihasilkan melalui sayembara ini masih kami gunakan setiap hari Jumat," ungkap Ririn.

Peluang bagi desainer Indonesia untuk bekerja sama dengan IKEA, imbuh Ririn, sangat terbuka lebar. Hal ini mengingat kualitas desainer Indonesia tak kalah dibanding asing.

Namun, untuk dapat bekerja sama dengan IKEA, diperlukan pemenuhan kriteria dan persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh kantor pusat di Swedia.

"Karena yang menentukan apakah karya desain itu sesuai atau tidak bagi segmen sasaran kan Tim Desain di Swedia. Kami hanya mengajukan proposal," cetus Ririn.

Baca juga: IKEA Luncurkan Koleksi Ramadhan, Terinspirasi Masjid Biru Turkiye

Tak hanya desainer, pabrikan atau vendor lokal pun telah banyak yang berkolaborasi dengan IKEA. Terbaru adalah Du Anyam dan Aneka Coklat.

Keduanya berpartisipasi dalam program “IKEA Bangga Produk Lokal”. Program ini bertujuan mendukung produk buatan lokal yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan serta membantu mempromosikan produk-produk Indonesia berkualitas tinggi ke ranah global.

Selain itu, sejalan juga dengan visi iklim dan keberlanjutan Perusahaan, di antaranya memperkuat komitmen sosial untuk berkontribusi kepada masyarakat secara adil dan setara guna mengatasi kesenjangan.

"Jadi, sejatinya, peluang bagi desainer dan produsen lokal untuk bekerja sama dengan IKEA terbuka. Asalkan memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditetapkan, seperti konsistensi, kualitas, mendukung keberlanjutan, dan berdampak postif pada lingkungan sekitar," papar Ririn.

Khusus koleksi terbaru Bastua, IKEA memproduksi 26 jenis produk dengan rentang harga Rp 129.000-Rp 999.999. 

Bastua merupakan karya dari desainer Marimekko, sebuah perusahaan desain asal Finlandia, dengan penekanan pada koleksi yang terinspirasi dari alam, kebugaran, dan ritual perawatan diri khas Nordik.

Koleksi terbatas ini memiliki pola-pola tegas, yang menggambarkan alam dan lingkungan di sekitar sauna, mulai dari produk furnitur, gelas dan tekstil.

Koleksi terbatas hanya tersedia di Mal Taman Anggrek, Kota Baru Parahyangan, dan Surabaya.

Quality Control Advisor Marketing & Retail Design IKEA Indonesia Cristina Camilli menambahkan, IKEA dan Marimekko adalah pasangan yang sempurna karena keduanya memiliki warisan Nordik dan visi untuk mencerminkan semangat yang kuat serta memberikan kesempatan untuk menjalankan hidup dengan sehat dan ceria.

"Kolaborasi dengan Marimekko ini merupakan pilihan dasar bagi IKEA karena keduanya memiliki tekad kuat untuk menciptakan kehidupan sehari-hari di rumah yang lebih baik,” kata dia.

Kolaborasi ini menggambarkan suasana musim panas serta keindahan alam Nordik yang sederhana, yang dituangkan pada perabot dan aksesori untuk rumah.

"Ini pertama kalinya Marimekko merancang satu set motif spesial untuk sebuah kolaborasi, menjadikannya benar-benar unik," tuntas Cristina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com