Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Toilet Umum Ini, Anda Wajib Bayar Rp 32.000 Lho!

Kompas.com - 05/05/2023, 20:34 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Toilet umum merupakan fasilitas yang paling sering dijumpai di berbagai area publik maupun komersial seperti stasiun, SPBU atau mall.

Biasanya, untuk menggunakan fasilitas toilet umum, masyarakat diminta untuk membayar tarif sebesar Rp 1.000 hingga Rp 2.000.

Namun di kota Paris, Perancis, salah satu toilet umum mengharuskan penggunanya membayar hingga 2 Euro atau setara dengan Rp 32.289.

Baca juga: Ketahui Standar Toilet Disabilitas di Area Publik

Adalah Lavatory Madeleine, toilet umum yang sudah dibangun sejak tahun 1905. Toilet mewah ini baru saja dibuka pada bulan Februari 2023 setelah 12 tahun ditutup.

Pada tahun 2011, toilet ini terdaftar sebagai salah satu Monumen Bersejarah. Tetapi manajemen saat itu sulit membayar biaya operasionalnya hingga harus tutup di tahun yang sama. 

Tampilan dalam toilet umum Lavatory Madeleine di kota Paris, Perancis. Clement Dorval/Ville de Paris Tampilan dalam toilet umum Lavatory Madeleine di kota Paris, Perancis.

Seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Paris, toilet yang dirancang dengan gaya art nouveau ini berlokasi di Place de la Madeleine, tidak jauh dari tempat-tempat ikonik seperti Taman Tuileries dan Hotel Ritz,

Begitu masuk ke toilet ini, Anda akan disambut dengan pintu kayu mahoni gelap yang dilapisi lapisan pernis sehingga terlihat mengkilap.

Kaca jendela terbuat dari kaca patri. Sementara area lantai, ditutupi oleh ubin dengan motif bunga berliku-liku seperti ciri khas beberapa abad lalu.

Baca juga: Perlukah Toilet Dibersihkan Setiap Hari?

Namun toilet ini tidak dapat Anda temukan di tepi jalan utama layaknya toilet-toilet umum lainnya.

Untuk menuju fasilitas ini, Anda harus menuruni tangga terlebih dulu karena letak toilet ada di bawah tanah. Karena itu, toilet ini memang tidak bisa digunakan oleh para penyandang disabilitas.

Ada enam ruang toilet di dalam Lavatory Madeleine. Masing-masing bilik telah dilengkapi dengan wastafel dan cerminnya sendiri.

Fitur lain yang tidak boleh dilewatkan adalah kursi penyemir sepatu asli yang masih tetap diletakan di dalam toilet.

Toilet buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Karena itu, bila Anda tengah berlibur di Paris, jangan lupa mampir di toilet indah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com