Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Toilet Canggih di Sungai Citarum, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 31/03/2022, 13:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menanggulangi pencemaran air di Sungai CitarumSCG menyerahkan fasilitas toilet canggih kepada Warga RW 01 Pasirluyu, Bandung, Jawa Barat.

Penyerahan SCG Reinvented Toilet dilaksanakan oleh Presiden Direktur PT SCG Indonesia Chakkapong Yingwattanathaworn, kepada Ketua RW 01 Pasirluyu Ema Mariana pasa Selasa (29/3/2022).

Reinvented toilet adalah inovasi SCG yang menerapkan prinsip ESG (Environment, Social, dan Governance) dan ekonomi sirkular.

SCG merevitalisasi bangunan toilet lama di Pasirluyu, menjadi toilet canggih yang dapat mendaur ulang air limbah rumah tangga menjadi air bebas patogen untuk pembilasan toilet.

Selain itu, kecanggihan toilet ini juga mampu mengurangi risiko pencemaran lingkungan akibat limbah yang tidak terurai optimal.

Baca juga: Museum di Denmark Akan Pajang Toilet Mirip Drumer Metallica

Fasilitas toilet umum ini terdiri dari lima bilik toilet, enam unit urinal dan area cuci yang dapat dimanfaatkan oleh lebih dari 30 keluarga atau 150 warga Pasirluyu.

"Proyek Reinvented Toilet kami mengusung teknologi Aquonic 600 dari Zyclonic™ by SCGC dan konsep Speed Bathroom yang efisien dari SCG CBM Indonesia. Setiap hari, Aquonic 600 mampu menampung dan mengolah hingga 600 liter limbah," jelas Presiden Direktur PT SCG Indonesia, dilansir dari siaran pers, Kamis (31/3/2022).

Oleh karena itu, pihak SCG optimis proyek ini dapat menjadi salah satu upaya penanganan limbah domestik, edukasi dan pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan penelitian, yang merupakan tiga dari dua belas program prioritas Citarum Harum Juara.

Terkait hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap dengan adanya toilet canggih tersebut bisa membuat Sungai Citarum semakin jernih.

"Toilet ini sangat teknologis, jadi air yang kotor dapat didaur ulang, dipakai lagi, dan seterusnya, didukung dengan sistem pembangunan yang sangat cepat," ungkapnya.

Baca juga: Di Balik Gemerlap Tokyo, Tempat Tidur dan Toilet Menyatu di Satu Ruangan

Untuk diketahui, Sungai Citarum baru-baru ini berhasil meningkatkan kualitas statusnya dari cemar berat menjadi cemar ringan dengan Indeks Kualitas Air (IKA) 50,13 poin.

Hal ini tercapai berkat implementasi program Citarum Harum dan berbagai upaya kolektif dalam tiga tahun terakhir sejak 2019. 

Adapun proyek toilet canggih ini turut mewujudkan misi 100 persen ODF (Open Defecation-Free) di Bandung atau gerakan stop buang air besar sembarangan.

Tingkat ODF di Pasirluyu saat ini ada di angka 46-48 persen dari 100 persen, dengan status merah, sehingga masih membutuhkan upaya besar untuk mencapai target.

"Untuk itu, semoga fasilitas toilet ini dapat membentuk kebiasaan dan kesadaran masyarakat agar lebih menerapkan gaya hidup sehat dan peduli akan lingkungan dengan tidak membuang limbah ke sungai Cikapundung (yang akan bermuara ke Sungai Citarum)," Lurah Pasirluyu Han Hadrian turut menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com