Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek di Sini, Progres Pembangunan Stasiun MRT Jakarta Monas dan Thamrin

Kompas.com - 05/05/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) tengah melaksanakan pembangunan CP 201 (Stasiun Monas dan Thamrin) Fase 2A.

Dilansir dari keterangan resmi, progres pembangunan per 25 April 2023 sudah mencapai 56,2 persen.

Saat ini, pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pengecoran tangga akses darurat gardu induk, pengecoran dinding peron, pekerjaan bore pile untuk launching shaft box jacking entrance Jalan Museum, pengecoran dinding ventilation tower.

Kemudian juga tengah digarap pekerjaan dinding ruangan dalam gardu induk, pekerjaan waterproofing dan concrete backfilling gardu induk, pemasangan pipa saluran buangan air stasiun, dan pemasangan jalur kabel stasiun.

Sementara di Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi penggalian dan pengecoran roof slab sisi utara, penggalian concourse slab sisi selatan stasiun.

Lalu dilaksanakan pekerjaan jet grouting sisi selatan stasiun, dan pekerjaan pemasangan waterproofing roof slab sisi selatan dan utara Stasiun Thamrin.

Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer.

Fase ini terdiri dari 7 stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Baca juga: Naik 284.875 Orang, Jumlah Penumpang MRT Jakarta Maret 2023

Fase 2A MRT Jakarta dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp 25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Berbeda dengan Fase 1, Fase 2A dibangun sekaligus dengan mengembangkan kawasan berorientasi transit.

Pembangunan dengan konsep ini tidak hanya menyiapkan infrastruktur, namun juga kawasan sebagai paduan antara fungsi transit dan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik.

Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

Selanjutnya, Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com