Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cibitung-Cilincing Siap Dukung Mudik Lebaran 2023

Kompas.com - 30/03/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) sepanjang 34,7 kilometer siap beroperasi fungsional untuk menunjang arus mudik Lebaran 2023.

Hal ini ditandai lewat tersambungnya JTCC Seksi 4 sepanjang 7,4 kilometer yang menghubungkan Tarumajaya-Cilincing dengan JORR dan jalan arteri Cilincing.

"Proses Uji Laik Fungsi telah selesai dilaksanakan oleh Tim Kementerian PUPR, Perhubungan Darat, dan Korlantas Polri pada dua minggu lalu," kata Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL), Joko Noerhudha dalam keterangan resminya.

JTCC Seksi 4 akan beroperasi secara fungsional tanpa dipungut tarif atau gratis yang merupakan salah satu bentuk dukungan kelancaran lalu lintas kendaraan pada mudik.

Selain itu, operasional JTCC Seksi 4 juga berguna untuk memperlancar lalu lintas barang yang berpotensi meningkat menjelang maupun sepanjang Lebaran.

Sehingga diharapkan pelaksanaan mudik dapat berjalan lancar, nyaman, dan berkeselamatan baik untuk masyarakat maupun mobilitas barang.

"Hal ini diharapkan dapat mengurangi waktu tempuh kendaraan angkutan, membantu menurunkan biaya logistik nasional, serta memberikan dampak multiplier effect berupa peningkatan daya saing nasional," tambah Joko.

Baca juga: Ada Tiga Tol Anyar yang Beroperasi Kuartal I-2023, Apa Saja?

Pengoperasian jalan tol ini mendukung akselerasi kemajuan ekonomi Indonesia, kelancaran mobilitas, pergerakan komuter, dan logistik.

Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing dibangun dan dioperasikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (PT CTP), yang dimiliki oleh PT Akses Pelabuhan Indonesia dan PT Menara Maritim Indonesia sebagai anak usaha PT Pelindo Solusi Logistik.

JTCC Seksi 1 telah beroperasi sejak 31 Juli 2021, Seksi 2 dan Seksi 3 juga sudah beroperasi sejak jalan tol ini diresmikan pada bulan September 2022.

Saat ini dari tiga seksi yang sudah beroperasi, tercatat Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) sekitar 23.000-25.000 kendaraan per hari.

Apabila keempat seksi JTCC telah beroperasi secara penuh, LHR diperkirakan dapat mencapai 30.000-35.000 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com