Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diresmikan Jokowi, Flyover Kopo Bakal Dilengkapi Monumen Cibaduyut

Kompas.com - 06/03/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Flyover Kopo di Bandung, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh kepala negara itu di Kolam Retensi Andir.

Saat meresmikan Flyover Kopo, Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Baca juga: Akhirnya, Flyover Pengurai Macet di Kota Bandung Diresmikan Jokowi

Seperti diketahui, Flyover Kopo merupakan upaya untuk mengurai kemacetan arus kendaraan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo, Cibaduyut dan Pasir Koja di Kota Bandung.

"Untuk mengurai kemacetan dan memperlancar lalu lintas (lalin) di Kota Bandung, kita sudah bangun Flyover Kopo dengan biaya Rp 288 miliar," tegas Jokowi.

Mengutip rilis Kementerian PUPR yang diterima Kompas.com, Minggu (5/3/2023), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat direncanakan bakal menghiasi Flyover Kopo dengan Monumen Cibaduyut yang terkenal dengan sentra industri sepatu.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyanggupi mendesain Monumen Cibaduyut untuk menjadi ikon jalan layang Kopo beberapa waktu lalu.

"Tambahannya adalah pembangunan Monumen Cibaduyut yang sudah disosialisasikan oleh Pak Camat, responsnya baik. Saya sendiri yang akan mendesainnya. Insya Allah akan dibangun secepatnya," kata gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini seperti dilansir dari laman resmi Pemprov Jawa Barat, Senin (6/3/2023).

Selain itu, untuk menambah keindahan jalan layang Kopo, Kang Emil akan menghadirkan ornamen pendukung guna menghidupkan jalan layang Kopo. Sehingga, menjadi kebanggaan warga sekitar.

"Atas arahan Pak Menteri, saya akan coba, sehingga dalam sekian bulan ke depan tempat ini menjadi tempat membanggakan secara fungsi, konstruksi, maupun estetikanya," kata dia.

Adapun Flyover Kopo membentang di Jalan Soekarno-Hatta sepanjang 1,3 kilometer di daerah Kopo yang merupakan jalur utama bagi para komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung, serta penghubung Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

Jembatan layang ini mulai dibangun pada November 2021 dan telah selesai September 2022. Flyover Kopo telah dibuka untuk umum, Sabtu (1/10/2022) silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com