Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halte Monas Bakal Diperbesar Tahun 2024

Kompas.com - 23/02/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Halte Monas akan menjadi halte transit pengganti untuk beberapa rute Transjakarta.

Hal ini dilakukan karena ada pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 202 Harmoni-Mangga Besar yang mengakibatkan Halte Harmoni, Halte Sawah Besar dan Halte Mangga Besar dipindahkan sementara.

Beberapa rute yang akan transit di Halte Monas adalah Blok M-Kota (1), Pantai Maju-Balai Kota (1A), Pulogadung-Harmoni (2), PGC-Harmoni (5C), dan Kampung Rambutan-Harmoni via Cempaka Putih (7F).

Untuk mengatasi kepadatan di Halte Monas yang berukuran lebih kecil dibandingkan Halte Harmoni, PT MRT Jakarta (Perseroda) akan melakukan perbesaran Halte Monas pada tahun 2024 mendatang.

"Jadi apapun yang melewati Harmoni dari arah timur, itu akan kami lewatkan Juanda, Pecenongan dan terkahir di Monas. Itu lah mengapa Halte Monas perlu perbesaran," ucap Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transjakarta Yoga Adiwinarto dalam Forum Jurnalis di Jakarta pada Kamis (23/2/2023).

Untuk mengantisipasi kepadatan di Halte Monas, Transjakarta juga akan mengurangi pergerakan dengan memindahkan pemberhentian ke halte selanjutnya.

Baca juga: Air Limbah Kawasan TOD MRT Jakarta Bakal Dikelola, Begini Rencananya

Dua rute terdampak pemindahan pemberhentian ini adalah Ragunan-Monas via Kuningan (6A) dan Ragunan-Monas via Semanggi (6B). Untuk sementara, keduanya akan berhenti di Halte MH Thamrin dan Halte Bundaran HI.

Selanjutnya, ada rute Kalideres-Pasar Baru (3), salah satu penyumbang penumpang terbanyak MRT Jakarta, yang tidak akan berhenti Halte Monas sampai halte itu diperbesar.

Sementara diperkirakan rekayasa rute Transjakarta ini berlangsung hingga 5 tahun ke depan, hingga proyek MRT Jakarta Fase 2A CP 202 beres.

Kepala Divisi Project Management for Construction MRT Jakarta Sony Desta Primandani menjelaskan, progres fisik proyek CP 202 per 15 Februari 2023 telah mencapai 9,87 persen.

"Ada 3 stasiun yang dibangun di CP 202, yaitu Harmoni, Sawah Besar dan Mangga Besar," jelas Sony dalam kesempatan yang sama.

Sehingga saat ini, PT MRT Jakarta juga tengah membangun 6 halte sementara di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk sebagai pengganti ketiga halte Transjakarta yang terdampak.

Untuk rinciannya, dua Halte Harmoni sementara akan beroperasi mulai tanggal 3 Maret 2023 yang terletak di depan Dunkin' Donuts dan di depan Gedung Pelni.

Lalu, dua Halte Sawah Besar sementara akan beroperasi mulai 28 Februari 2023 yang terletak di depan Jalan Kebon Jeruk VII dan di depan Jalan Keselamatan.

Kemudian, dua Halte Mangga Besar sementara akan beroperasi mulai 25 Februari 2023 yang berlokasi di depan PT Sango Ceramics Indonesia dan di depan BCA KCU Gajah Mada.

Beberapa pekerjaan lain yang tengah digarap di segmen tersebut, antara lain relokasi utilitas, pembuatan canal decking hingga pemasangan jembatan penyebrangan orang (JPO) sementara di area Sawah Besar dan Mangga Besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com