Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekanan Media Sosial Bikin Milenial Ngebet Punya Rumah Pertama

Kompas.com - 23/02/2023, 15:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah sendiri merupakan tujuan sebagian besar orang terutama agar bisa menghabiskan kehidupan masa tua dengan lebih nyaman.

Meskipun memiliki rumah sendiri merupakan proses yang cukup panjang namun saat ini para milenial dan gen Z terpacu untuk segera memilikinya karena adanya tekanan sosial yang tinggi.

Certified Financial Planner, Aliyah Natasya, mengatakan salah satu medium yang memberikan tekanan paling besar terhadap keputusan para generasi milenial dan gen Z terpacu untuk segera membeli rumah adalah media sosial.

Baca juga: Tak Peduli Isu Resesi, Milenial Pembeli Rumah Subsidi di Bekasi Naik Tajam

Terlebih banyak unggahan di media sosial yang melabeli kesuksesan seseorang dengan berhasilnya mereka membeli hunian sendiri dalam waktu yang relatif muda.

“Kita di-pressure banget sama tuntutan sosial media dan lingkungan kita. Kita cuma lebih banyak mendengar dan merasa takut daripada mencari solusi yang tepat,” ungkap Aliyah dalam acara Talk Show tentang KPR “Tips Generasi Sandwich Bisa Punya Rumah Impian” di BCA Expoversary 2023, Kamis (23/2/2022).

Menurutnya, rumah pertama yang dibeli tidak harus rumah yang super mahal terlebih bila tidak sebanding dengan pemasukan.

Apalagi saat ini ada fasilitas KPR yang disediakan oleh bank sehingga bisa dicicil dalam kurun waktu 20 hingga 25 tahun ke depan.

Baca juga: Pengembang Bersyukur Harga Rumah Subsidi Segera Naik meski Cuma 5 Persen

“Gak harus memiliki rumah pertama yang wow. Step by step. Harus disesuaikan dengan income. Jadi bila sekarang beli rumah yang murah, kedepannya bisa beli yang lebih mahal bisa income-nya naik,” tambah Aliyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com