Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitigasi Penurunan Tanah, MRT Jakarta Pasang Alat Pantau di Proyek Fase 2A

Kompas.com - 10/02/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) bersama Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) memasang alat pantau atau extensometer di proyek Fase 2A Bundaran HI-Harmoni.

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/2/2023), extensometer dipasang untuk memitigasi risiko penurunan tanah akibat pekerjaan pengeboran terowongan dari Stasiun Monas hingga Stasiun Harmoni.

Adapun pemasangan alat pantau ini dilakukan mulai 5 Februari 2023 sampai dengan 6 Maret 2023.

Sebanyak 4 extensometer dipasang dengan cara ditanam ke dalam tanah di median jalan, tepatnya di ujung utara Jalan Medan Merdeka Barat (di dekat Jalan Majapahit).

Pemasangan alat ini tidak menggunakan badan jalan sebagai area kerja, sehingga kenyamanan serta keselamatan para pengguna jalan tetap terjaga.

Pemasangan intrumen-instrumen monitoring tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk menerapkan dan memprioritaskan aspek safety, health, environment, and security (SHES).

PT MRT Jakarta dan SAJV selaku kontraktor pelaksana memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan tetap terjaga selama proses konstruksi berlangsung dengan memasang rambu lalu lintas, marka jalan dan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Juga dilakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sepanjang lokasi proyek hingga bulan Juni 2023 mendatang.

Baca juga: MRT Jakarta Gandeng BCA Digital, Mudahkan Kegiatan Transaksi Penumpang

Adapun di Stasiun Thamrin tengah dilakukan sejumlah pekerjaan, meliputi pembangunan D-Wall, jet grouting serta penggalian roof slab di sisi utara dan selatan Stasiun.

Pekerjaan lainnya di sisi utara stasiun adalah pembangunan lanjutan D-Wall, instalasi kingpost di area station box, pemasangan traffic decking di area intersection sisi selatan, relokasi drainase, dan pekerjaan slab Stasiun Thamrin.

Sebagai informasi, proyek Fase 2A terbagi menjadi 3 bagian, yaitu CP 201 Bundaran HI-Harmoni, CP 202 Harmoni-Mangga Besar, dan CP 203 Mangga Besar-Kota yang ditargetkan rampung pada tahun 2029.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, progres proyek Fase 2A hingga 15 Januari 2023 mencapai 18,5 persen yang melebihi target awal 17,8 persen.

"Hingga 15 Januari lalu, perkembangan Fase 2A mencapai 18,5 persen," ucap Tuhiyat dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta di Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com