Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Potong Unggas dan Infrastruktur di Lamongan Selatan Diresmikan

Kompas.com - 04/02/2023, 08:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan membangun Rumah Potong Hewan Unggas (RPH-U) modern yang terletak di kompleks Pasar Sidoharjo, Lamongan, Jawa Timur.

Peresmian RPH-U dengan kapasitas sembelih 1.000 ekor per jam tersebut, dilakukan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Jumat (3/2/2023).

RPH-U ini dibangun guna mewujudkan sistem keamanan pangan, serta menjamin ketersediaan makanan yang aman, sehat, utuh dan halal bagi masyarakat Lamongan.

Yuhronur merasa senang dan bangga karena memiliki RPH unggas yang ada di kompleks Pasar Sidoharjo.

Baca juga: Bupati Lamongan Kembali Serahkan Sertifikat Warga dalam Program PTSL

"Lengkap sudah potensi peternakan kita di Kabupaten Lamongan, ini terasa lebih baik dan sempurna lagi. Berikutnya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan agar terus mengupayakan, terus sustainable di dalam mengelola RPH unggas ini,” ujar Yuhronur.

Selain bakal ditangani juru sembelih halal yang sudah tersertifikasi, unggas yang disembelih juga melalui beberapa tahapan.

Mulai dari dimasukkan ke dalam mesin conveyor, pemotongan oleh juru sembelih sesuai syariat Islam, penirisan (untuk mengeluarkan darah dan memastikan unggas benar-benar mati) selama 3,5 menit.

Kemudian erendaman air panas dengan alat scalder, pencabutan bulu dengan alat plucker, pembersihan, parting karkas, hingga pengemasan.

"Sustainable artinya, habis dibangun juga operasional harus baik, jangan sampai sepi atau tidak ada pengunjung. Terus dipelihara dan manajemennya diperbaiki, operasional yang baik, juga harus terus dilakukan evaluasi setiap hari," ucap Yuhronur.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Lamongan Wahyudi menjelaskan, potensi unggas yang ada di Lamongan cukup besar.

Berdasarkan data tahun 2022, tercatat ada sebanyak 1.987.917 ekor ayam buras, ada 570.082 ekor ayam petelur, 35.239.256 ekor ayam potong, 172.100 ekor itik dan sebanyak 56.582 ekor bebek.

“Model gedung RPH-U seperti ini adalah satu-satunya di Indonesia. Di mana model seperti ini memberi kesempatan kepada para pemotong, untuk bisa ikut memanfaatkan bersama. Sebab RPH-U ini dapat mengakomodir sampai dengan delapan orang pemotong unggas," kata Wahyudi.

Lamongan Selatan

Sementara satu hari sebelumnya, Kamis (2/2/2023), Yuhronur meresmikan beberapa infrastruktur yang telah selesai dibangun maupun diperbaiki di wilayah Lamongan selatan. Dari mulai gedung sekolahan, akses jalan, hingga fasilitas kesehatan.

"Setidaknya dengan tambahan sarpras (sarana dan prasarana) ini, akan bisa semakin mengungkit prestasi anak-anak SMPN 1 Bluluk. Mudah-mudahan nantinya anak-anak semua yang ada di sini, menjadi generasi emas pemimpin bangsa," tutur Yuhronur.

Tidak hanya meresmikan sarana dan prasarana di SMP Negeri 1 Bluluk, Yuhronur juga meresmikan sarpras di SD Negeri 2 Kuwurejo di Kecamatan Bluluk, serta gedung kelas SD Negeri Sewor 1 yang berada di Kecamatan Sukorame.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com