Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) telah menyelenggarakan TOD Forum luar negeri pertamanya di Tokyo, Jepang, pada Selasa-Kamis (29-30/11/2022).

Tercatat tidak kurang dari 47 tamu undangan menghadiri forum ini, yang terdiri dari perwakilan lembaga pemerintahan Jepang, konsultan hingga perusahaan properti dan real estate.

Mengutip dari laman MRT Jakarta, selama dua hari peserta dan pembicara forum mendiskusikan sejumlah topik terkait TOD.

Seperti potensi kerja sama regenerasi perkotaan (urban regeneration), investasi berkelanjutan (climate investment) di Indonesia dan DKI Jakarta, serta potensi-potensi investasi di kawasan-kawasan berorientasi transit MRT Jakarta.

Selain diskusi panel, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa pihak, yaitu:

  • JR East terkait kajian potensi kemitraan dalam pengembangan kawasan berorientasi transit;
  • UR-Agency terkait potensi kerja sama proyek infrastruktur TOD di kawasan Jabodetabek;
  • Hankyu Hanshin Properties terkait kajian potensi investasi dan kemitraan serta kerja sama pengembangan kawasan berorientasi transit Dukuh Atas, termasuk pengembangan lahan dan interkoneksi bangunan; dan
  • OCG terkait kajian kerja sama strategis pertumbuhan bisnis dalam kawasan berorientasi transit di Jakarta.

Baca juga: Jepang dan Inggris Berkomitmen Kembangkan MRT Jakarta

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat menyampaiakan, TOD Forum diselenggarakan untuk menyediakan wadah dan forum pertemuan antara perusahaan dan para ahli TOD di Jepang dan Indonesia.

"Sehingga diharapkan akan diperoleh best practice dari segala aspek. Mulai teknis hingga kebijakan, termasuk potensi kerja sama dalam mengembangkan kawasan berorientasi transit di Jakarta, bahkan Indonesia," ujarnya yang memimpin langsung delegasi Indonesia.

Forum ini dinilai juga dapat menjadi forum investasi bagi calon investor dari Jepang. Mengingat Jepang merupakan negara sahabat yang telah menjadi mitra Indonesia dalam mengembangkan MRT Jakarta fase 1.

"Tokyo juga merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di dunia sehingga menjadi tempat yang tepat untuk belajar," tandas Tuhiyat.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Jepang dan Negara Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menambahkan, untuk mewujudkan konsep kawasan berorientasi transit, tentunya PT MRT Jakarta membutuhkan mitra profesional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+