Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kampanyekan Konsep "Smart Green" Bagi Anak SMA di Jakarta

Kompas.com - 30/11/2022, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Universitas Indonesia kembali mengkampanyekan smart green yakni penerapan gaya hidup hijau yang bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga cerdas baik di lingkungan kampus maupun luar kampus.

Kali ini sasarannya adalah siswa SMA di Jakarta. Kampanye tersebut diinisiasi oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) melalui Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan (KPP).

KPP SKSG UI melaksanakan acara puncak serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat dengan tajuk Program Kampanye Smart Green pada Kamis (18/11/2022) di SMA N 70 Jakarta.

Baca juga: Bangun Smart Home, NANO Siap Dukung Smart City Tangsel

Dosen KPP-SKSG UI, Dr. Lin Yola mengatakan kampenye smart green merupakan bagian aksi agenda mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Program ini mensosialisasikan pentingnya pemahaman dan kesadaran gaya hidup hijau di kalangan masyarakat.” kata Lin dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA N 70 Jakarta Dr. Ratna Budiarti, mengatakan bahwa sekolahnya sudah menerapkan beberapa program dan kegiatan ramah lingkungan yang cerdas.

“Kegiatan ini akan dapat memperkuat pelaksanaan konsep gaya hidup smart green di kalangan siswa sekolah dan menjadi contoh bagi sekolah menengah atas lainnya di Jakarta.” kata Ratna.

 

Kampanye program Smart Green 2022 didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tim SKSG UI terdiri dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan.

Agenda utama dalam kegiatan ini antara lain sharing kampanye pelaksanaan konsep smart green, pengadaan teknologi smart green, dan aksi penghijauan.

Di awal kegiatan, Tim melakukan sosialisasi Program Smart Green dengan dipimpin oleh Ketua Himpunan Mahasiswa S2 Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan SKSG UI.

Baca juga: Usung Konsep Hijau, Township Asya Sabet Penghargaan Favorite Housing Project Jakarta 2022

Tim dari UI juga sudah melakukan analisis pemilihan teknologi sesuai dengan kebutuhan mitra, yaitu pengadaan Perangkat Desinfeksi Udara berbasis UVC.

Perangkat tersebut merupakan produk penelitian tim UI yang akan digunakan pada ruangan belajar mengajar tatap muka selama dan pasca pandemi.

Pada acara puncak kegiatan kampanye Smart Green di November ini, teknologi Perangkat Desinfeksi Udara berbasis UVC ini diserahkan secara resmi sebagai sumbangsih tim sivitas akademika Universitas Indonesia kepada SMAN 70 Jakarta.

Selanjutnya, tim SKSG UI yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok dan SMAN 70 juga melakukan penanaman bibit buah Alpukat Miki sebagai aksi penghijauan lingkungan sekolah yang dilakukan oleh tim SKSG UI, Kepala Sekolah dan guru, serta para pelajar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com