Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 06:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terlihat remeh, tetapi ukuran tangga juga bisa memengaruhi kesehatan, lho!

Tinggi tangga yang tidak ideal bisa membuat kaki mengeluarkan tenaga lebih ketika menggunakannya, menggunakan tangga dengan lebar yang sempit juga bisa membuat penggunanya tidak nyaman dan lebih berpotensi untuk jatuh.

Bila terlalu sering menggunakan tangga-tangga seperti ini, Anda akan lebih mudah merasa nyeri sendi lutut, kelelahan, hingga terjadi kecelakaan.

Lantas, berapa ukuran tangga yang pas?

Struktur tangga dibagi menjadi empat bagian, lebar tangga, tinggi anak tangga, kedalaman atau lebar anak tangga, hingga area berdiam atau bordes.

Baca juga: Mengenal Step Nosing Si Pengaman Tangga

Tangga yang dibuat untuk dilalui satu orang memerlukan lebar setidaknya 70–90 cm, sedangkan untuk tangga dilalui dua orang atau lebih pada saat yang bersamaan membutuhkan lebar minimal 120 cm.

Lebar ini perlu diperhatikan agar pengguna dapat menggunakan tangga dengan nyaman tanpa perlu takut menabrak sisi tangga atau pengguna lain sehingga bisa menghindari terjadinya kecelakaan.

Dalam hal ketinggian tangga, ukuran ini beragam sesuai dengan hunian dan kebutuhan yang Anda miliki. Namun, secara umum, standar ketinggian setiap anak tangga adalah 15–20 cm dengan kemiringan tangga 42–45 derajat.

Biasanya, orang tua memerlukan anak tangga dengan tinggi dan kemiringan yang tidak begitu besar agar tidak mudah lelah.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak membuat kemiringan tangga terlalu besar karena dapat mengakibatkan tangga terlalu curam dan tidak aman dilalui.

Sementara itu, kedalaman atau lebar anak tangga yang nyaman untuk diinjak adalah 27–33 cm.

Jika angka ini terlalu kecil akan mengakibatkan pengguna tidak nyaman karena ruang berpijak yang kecil dan dapat mengakibatkan kecelakaan, sedangkan kedalaman yang terlalu besar akan membuat orang melangkah terlalu lebar dan menimbulkan kelelahan.

Selain lebar dan tinggi tangga, ada pula area berdiam atau bordes pada tangga.

Ilustrasi area diam atau bordes pada tanggaShutterstock Ilustrasi area diam atau bordes pada tangga
Area ini merupakan sebuah bidang yang lebih besar dibandingkan anak tangga yang bisa digunakan sebagai tempat beristirahat sejenak ketika menggunakan tangga, fungsi lainnya adalah mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Biasanya bordes ada setiap 10–14 anak tangga, terletak di pertengahan lantai satu dan dua atau bagian berbelok dari tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com