Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.951 Huntap Korban Erupsi Merapi Siap Huni, Bakal Dilengkapi Peralatan Rumah Tangga

Kompas.com - 08/11/2022, 17:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyerahkan pengelolaan sementara hunian tetap (huntap) kepada pemerintah daerah kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (8/11/2022).

"Kementerian PUPR menyerahkan pengelolaan Huntap ini kepada Pemkab Lumajang untuk segera dimanfaatkan dan dihuni oleh masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto saat meninjau Huntap di Desa Sumbermujur.

Diketahui, Gunung Semeru sempat erupsi pada Desember 2021 lalu. Hunian tetap ini adalah salah satu cara pemerintah pusat membantu pemerintah daerah (pemda) dan masyarakat agar bisa segera pulih.

Baca juga: Pemda Diminta Fasilitasi Pembuatan Sertifikat Tanah Huntap di Sulteng

Aset yang diserahkan berupa huntap sebanyak 1.951 unit yang merupakan hasil pembangunan Direktorat Jenderal Perumahan.

Selain itu, ada pula aset berupa infrastruktur dasar seperti jaringan air bersih, air minum, sanitasi, jalan lingkungan, taman dan prasarana dasar pendukung lainnya yang dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya.

"Peran pemerintah daerah dalam penanganan pasca bencana alam sangat penting. Pemda juga perlu menyiapkan rencana aksi dan quick assessment warga terdampak dan infrastruktur yang rusak mulai dari masa darurat hingga rekonstruksi maupun jika perlu relokasi warga ke lokasi yang aman," terang Iwan.

Menanggapi hal ini, Bupati Lumajang H Thoriqul Haq berterima kasih atas bantuan pemerintah pusat dalam proses pemulihan dari bencana alam.

Ia juga mengatakan akan melengkapi huntap dengan memberikan bantuan peralatan rumah tangga yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami menamakan Kompleks Huntap ini Perumahan Bumi Semeru Damai atau BSD. Kami ingin masyarakat terdampak bisa mengembangkan wilayah ini seperti kawasan BSD di Tangerang, Banten sekaligus tinggal dengan aman dan nyaman," kata Thoriq.

Penyerahan ini ditandai dengan penandatanganan serah terima yang dilakukan oleh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa IV Sultan Sidik Nasution dengan Bupati Lumajang H Thoriqul Haq.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com