Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Tahap Dua, Ini Progres Pembangunan Huntap di Sulteng

Kompas.com - 12/10/2022, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR berupaya mempercepat penyelesaian pembangunan hunian tetap (huntap) bagi masyarakat terdampak bencana di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Tercatat sejak 2019, Kementerian PUPR melalui program Contingency Emergency Response Component (CERC) telah menyelesaikan pembangunan huntap tahap I pada Desember 2021 sebanyak 1.679 unit, dan tengah berlanjut tahap 2.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR di Sulteng Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, pembangunan huntap tahap 2 dilaksanakan melalui program Central Sulawesi Rehabilitation and Reconstruction Project (CSRRP).

Huntap yang dibangun sebanyak 4.092 unit. Tersebar di Kota Palu 2.671 unit, Kabupaten Sigi 653 unit, dan Kabupaten Donggala 768 unit.

“Saat ini sedang dilakukan pembangunan huntap 775 unit yang tersebar di Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Kegiatan tersebut ditargetkan selesai pada Juli 2023," ujar Arie dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (12/10/2022).

Baca juga: Dapat Rekor Muri Bangun Huntap Tercepat, Hutama Karya Pakai Metode Ini

Kemudian, akan menyusul kegiatan pembangunan huntap sebanyak 1.566 unit yang saat ini masih dalam proses lelang atau pengadaan.

"Harapan kami, proses pengadaan berjalan lancar sehingga dapat terkontrak pada Desember 2022 serta ditargetkan selesai pelaksanaan konstruksinya pada November 2023," terangnya.

Menurut Arie, saat ini sedang direncanakan pembangunan Huntap Satelit Petobo dan Huntap Satelit Lere.

Khusus pada Huntap Satelit Lere, pembangunan infrastruktur permukiman terindikasi akan bersinggungan dengan beberapa kegiatan lain.

Seperti pembangunan Jembatan Palu IV, rencana pembangunan Elevated Road, dan rencana pembangunan kolam retensi.

"Hal ini perlu menjadi perhatian bersama agar dapat dilaksanakan secara sinergis," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com