Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Libur Natal, Puluhan Ribu Tiket Kereta Jarak Jauh Ludes Terjual

Kompas.com - 13/11/2022, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 22.000 tiket kereta api (KA) jarak jauh untuk keberangkatan periode libur Natal dan Tahun Baru 2022 ludes terjual.

Adapun periode angkutan Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) adalah keberangkatan pada 22 Desember 2022-8 Januari 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Hubungan Masyarakat KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

"Sampai dengan hari ini, Sabtu November 2022, tiket KA periode Natal dan Tahun Baru telah terjual sebanyak 22.000 untuk periode keberangkatan 22-26 Desember," ucap Eva.

Jumlah tersebut masih dapat bertambah mengingat pemesanan tiket masih berlangsung melalui penjualan online menyesuaikan ketentuan H-45.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Tampil di G20 Showcase Rabu Depan

KAI Daop 1 Jakarta mulai membuka penjualan tiket KA jarak jauh untuk periode ini secara bertahap mulai 7 November 2022 atau H-45 keberangkatan.

Sementara pada momentum libur sebelumnya, KAI menjual tiket mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Keputusan memperpanjang periode pemesanan tiket untuk periode ini dilakukan sebagai peningkatan pelayanan sehingga calon pelanggan bisa merencanakan perjalanan dengan lebih leluasa.

Tiket KA bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya.

Saat ini keberangkatan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen rata-rata 47 perjalanan per hari, dengan rincian keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen 24 KA dan dari Stasiun Gambir 23 KA.

Baca juga: Ternyata Lebar Rel Kereta Api ada Beberapa Macam, Ini Daftarnya

Jumlah perjalanan tersebut dapat berubah menyesuaikan dengan evaluasi berkala yang dilakukan KAI Daop 1 Jakarta sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan KA pada momen Natal dan Tahun Baru 2022.

Beberapa tujuan favorit penumpang KA di antaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Kutoarjo, Surabaya, Malang, Cirebon, Bandung dan Tegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com