Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Lebar Rel Kereta Api ada Beberapa Macam, Ini Daftarnya

Kompas.com - Diperbarui 06/11/2022, 09:49 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa macam lebar rel kereta api. Tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

Hal tersebut merujuk informasi dari unggahan akun Instagram Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada Selasa (23/05/2022).

Rel adalah landasan jalan kereta api atau kendaraan sejenis seperti trem dan sebagainya. Rel ini berfungsi untuk mengarahkan atau memandu kereta api tanpa memerlukan pengendalian.

Baca juga: Mengenal Slab Track, Komponen Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Namun ada bermacam-macam jenis lebar rel kereta api di dunia. Semakin lebar rel maka semakin stabil, sehingga kecepatan kereta api yang melewatinya bisa semakin tinggi.

Secara umum ada tiga macam lebar rel kereta api yang digunakan di dunia, berikut daftarnya:

Sepur Sempit (Narrow Gauge)

Jalur kereta api ini mempunyai lebar rel kurang dari 1.435 milimeter. Jenis rel sempit dari sisi investasi lebih murah untuk dibangun.

Karena konstruksi tidak terlalu sulit, menggunakan kereta dan lokomotif yang lebih kecil, serta radius belok yang lebih kecil pula.

Rel sempit ini dapat ditemukan beberapa negara, seperti Indonesia (Jawa, Sumatera), Australia, Afrika Selatan, Filipina, Malaysia, dan Jepang (non Shinkansen).

Sepur Normal (Standard Gauge)

Lebar rel pada jalur kereta api ini yaitu 1.435 milimeter. Sepur normal ini mampu memberikan kestabilan yang lebih baik, sehingga kecepatan kereta api bisa lebih tinggi dibanding jenis sepur sempit.

Jenis rel ini terdapat di negara seperti, Indonesia (Aceh, Sulawesi Selatan), Amerika Serikat, Perancis, China, Venezuela, Mexico, serta Arab Saudi.

Baca juga: Mulai Dipasang, Ini Jenis Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Sepur Lebar (Broad Gauge)

Jalur kereta api ini mempunyai lebar paling besar dibandingkan sepur sempit maupun normal, yaitu lebih dari 1.435 milimeter.

Sepur lebar umumnya akan menelan biaya pembanguna lebih mahal, tetapi mampu menangani lalu lintas yang lebih berat dan cepat.

Jenis rel ini juga mampu memberikan kestabilan yang lebih baik, sehingga kecepatan kereta api bisa lebih tinggi.

Sejumlah negara yang memiliki sepur lebar seperti halnya India, Bangladesh, Pakistan, Argentina, Chili, Mongolia, Spanyol, Portugal, Hungaria, Ukraina, Belarus, dan Uzbekistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com