Ternyata Lebar Rel Kereta Api ada Beberapa Macam, Ini Daftarnya

Kompas.com - 24/05/2022, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa macam lebar rel kereta api. Tidak hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

Hal tersebut merujuk informasi dari unggahan akun Instagram Ditjen Perkeretaapian Kemenhub pada Selasa (23/05/2022).

Rel adalah landasan jalan kereta api atau kendaraan sejenis seperti trem dan sebagainya. Rel ini berfungsi untuk mengarahkan atau memandu kereta api tanpa memerlukan pengendalian.

Baca juga: Mengenal Slab Track, Komponen Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Namun ada bermacam-macam jenis lebar rel kereta api di dunia. Semakin lebar rel maka semakin stabil, sehingga kecepatan kereta api yang melewatinya bisa semakin tinggi.

Secara umum ada tiga macam lebar rel kereta api yang digunakan di dunia, berikut daftarnya:

Sepur Sempit (Narrow Gauge)

Jalur kereta api ini mempunyai lebar rel kurang dari 1.435 milimeter. Jenis rel sempit dari sisi investasi lebih murah untuk dibangun.

Karena konstruksi tidak terlalu sulit, menggunakan kereta dan lokomotif yang lebih kecil, serta radius belok yang lebih kecil pula.

Rel sempit ini dapat ditemukan beberapa negara, seperti Indonesia (Jawa, Sumatera), Australia, Afrika Selatan, Filipina, Malaysia, dan Jepang (non Shinkansen).

Sepur Normal (Standard Gauge)

Lebar rel pada jalur kereta api ini yaitu 1.435 milimeter. Sepur normal ini mampu memberikan kestabilan yang lebih baik, sehingga kecepatan kereta api bisa lebih tinggi dibanding jenis sepur sempit.

Jenis rel ini terdapat di negara seperti, Indonesia (Aceh, Sulawesi Selatan), Amerika Serikat, Perancis, China, Venezuela, Mexico, serta Arab Saudi.

Baca juga: Mulai Dipasang, Ini Jenis Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.