Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Cilacap SBI Raih ASEAN Energy Awards 2022 berkat Manfaatkan Sampah Perkotaan

Kompas.com - 29/09/2022, 07:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Penghargaan didapat PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap, yang merupakan unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Penghargaan diberikan setelah pabrik berhasil memanfaatkan sampah perkotaan sebagai bahan bakar alternatif (RDF) dalam pembuatan semen.

SBI pabrik Cilacap sukses meraih penghargaan dalam ASEAN Energy Awards (AEA) 2022 sebagai runner-up subkategori Large Industries, kategori Energy Management in Buildings and Industries.

Pengumuman sebagai pemenang dilaksanakan secara virtual pada rangkaian kegiatan 40th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) and ASEAN Energy Business Forum di Kamboja, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Kiat SIG Mampu Bertahan di Tengah Ketatnya Kompetisi Industri Semen

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, penghargaan tersebut merupakan buah dari komitmen pihaknya dalam menerapkan efisiensi dan konservasi energi pada proses produksi yang diimplementasikan di pabrik Cilacap.

Penghargaan ini sekaligus menjadi bukti bahwa upaya efisiensi dan konservasi energi yang dilakukan oleh SIG selama ini sudah sesuai dengan kaidah-kaidah pelestarian lingkungan berstandar internasional.

Dalam proses produksi, SIG memanfaatkan sampah perkotaan di fasilitas yang berada di Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sebagai bahan bakar alternatif (RDF) dalam pembuatan semen yang berlangsung di pabrik SBI Cilacap.

Teknologi RDF adalah upaya pengelolaan sampah berkelanjutan, yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2.

Menurut Vita, fasilitas pemanfaatan sampah perkotaan (Municipal Solid Waste/MSW) menjadi RDF, mampu mengelola limbah sampah domestik sebesar 160 ton per hari, yang dapat menghasilkan 70 ton RDF.

Sedangkan RDF dapat menggantikan penggunaan batu bara, hingga mencapai 5-6 persen.

"Pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar alternatif ini, merupakan solusi untuk pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik," ujar Vita, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Tidak hanya pada SBI pabrik Cilacap, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI total mengirimkan sebanyak 13 proposal yang merupakan para pemenang Penghargaan Subroto bidang efisiensi energi 2021 untuk mengikuti ASEAN Energy Awards 2022.

Dari sebanyak 13 proposal yang dikirim, Indonesia berhasil meraih sepuluh penghargaan dari berbagai kategori dalam agenda ASEAN Energy Awards 2022.

Salah satu peraih penghargaan tersebut adalah SBI pabrik Cilacap lantaran menerapkan teknologi RDF yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2.

ASEAN Energy Awards merupakan kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan sejak 2000, yang digelar oleh ASEAN Center for Energy (ACE) di bidang energi baru terbarukan dan konservasi energi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com