Pabrik Cilacap SBI Raih ASEAN Energy Awards 2022 berkat Manfaatkan Sampah Perkotaan

Kompas.com - 29/09/2022, 07:00 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Penghargaan didapat PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) pabrik Cilacap, yang merupakan unit usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Penghargaan diberikan setelah pabrik berhasil memanfaatkan sampah perkotaan sebagai bahan bakar alternatif (RDF) dalam pembuatan semen.

SBI pabrik Cilacap sukses meraih penghargaan dalam ASEAN Energy Awards (AEA) 2022 sebagai runner-up subkategori Large Industries, kategori Energy Management in Buildings and Industries.

Pengumuman sebagai pemenang dilaksanakan secara virtual pada rangkaian kegiatan 40th ASEAN Minister on Energy Meeting (AMEM) and ASEAN Energy Business Forum di Kamboja, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Kiat SIG Mampu Bertahan di Tengah Ketatnya Kompetisi Industri Semen

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, penghargaan tersebut merupakan buah dari komitmen pihaknya dalam menerapkan efisiensi dan konservasi energi pada proses produksi yang diimplementasikan di pabrik Cilacap.

Penghargaan ini sekaligus menjadi bukti bahwa upaya efisiensi dan konservasi energi yang dilakukan oleh SIG selama ini sudah sesuai dengan kaidah-kaidah pelestarian lingkungan berstandar internasional.

Dalam proses produksi, SIG memanfaatkan sampah perkotaan di fasilitas yang berada di Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, sebagai bahan bakar alternatif (RDF) dalam pembuatan semen yang berlangsung di pabrik SBI Cilacap.

Teknologi RDF adalah upaya pengelolaan sampah berkelanjutan, yang mampu mengubah sampah menjadi energi alternatif terbarukan dan dapat mengurangi emisi CO2.

Menurut Vita, fasilitas pemanfaatan sampah perkotaan (Municipal Solid Waste/MSW) menjadi RDF, mampu mengelola limbah sampah domestik sebesar 160 ton per hari, yang dapat menghasilkan 70 ton RDF.

Sedangkan RDF dapat menggantikan penggunaan batu bara, hingga mencapai 5-6 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.