Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Hijau, Inovasi Konstruksi untuk Lingkungan yang Lebih Baik

Kompas.com - 10/06/2022, 13:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semen merupakan salah satu material yang paling penting dan sering digunakan dalam dunia konstruksi.

Semen dikenal sebagai perekat yang kuat dan berfungsi sebagai bahan utama pembuatan beton yang merupakan komponen penting dalam pembuatan fondasi, struktur, jalan, jembatan, jalan raya, hingga bendungan.

Mengingat peran utamanya dalam konstruksi dan pembangunan perkotaan, tingkat produksi semen terus meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Pembangunan IKN Diperkirakan Serap 21 Juta Ton Semen

Menurut data dari Earth Institute Universitas Columbia,setiap tahunnya ada 2,55 miliar ton semen yang dihasilkan di seluruh dunia dengan tingkat pertumbuhan mencapai 2,5 persen per tahun.

Meskipun demikian, proses pembuatan semen merupakan penyebab utama terjadinya polusi udara sehingga berdampak buruk bagi lingkungan.

Produksi klinker, bahan utama dalam semen, merupakan sumber utama emisi gas berbahaya, terutama karbon dioksida.

Klinker sendiri terbuat dari campuran batu kapur dan tanah yang dipanaskan pada suhu 1400 derajat celcius.

Setelah proses termal, bahan yang diproses digiling, membentuk zat kental dan padat yang dikenal sebagai klinker. Setelah itu, klinker diampur dengan gypsum sehingga membentuk semen.

Proses produksi klinker sangat intensif energi dan melepaskan limbah gas. Untuk 1 ton semen yang diproduksi, 0,6 hingga 1 ton karbon dioksida dilepaskan.

Selain produksi klinker, ada proses lain dalam pembuatan semen juga menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah tinggi.

Sebagai inisiatif untuk mengurangi dampak buruk emisi dalam proses pembuatan semen sebelumnya, produsen semen pun mencoba menurunkan tingkat emisi secara signifikan.

Baca juga: Tunjang Ekspor Semen dan Clinker, Proyek Pelabuhan Khusus Rp 1,4 Triliun Dimulai

Dari ribuan uji coba yang dilakukan, akhirnya ditemukan green cement atau semen hijau. Semen ini diproduksi dengan bantuan proses manufaktur karbon-negatif.

Dengan kata lain, semen hijau diproduksi sebagai produk akhir dari proses berteknologi maju, sehingga emisi selama unit operasi (seperti produksi klinker) bisa diminimalkan.

Dalam proses pembuatan semen hijau, karbon dioksida yang dikeluarkan selama proses pembuatan berkurang secara signifikan bahkan ada di angka 40 persen.

Ada beberapa teknologi dan mekanisme untuk pembuatan semen hijau, yang telah dipatenkan oleh berbagai lembaga manufaktur.

Namun sayangnya, masih banyak produsen sering menganggapnya sebagai usaha yang berisiko secara finansial. Terlebih harga jualnya di pasaran akan lebih mahal dari semen konvensional.

Karena itu, pemerintah di masing-masing negara harus melakukan intervensi terutama dengan kebijakan keuangan dalam produksi semen hijau. Hal ini bisa dilakukan semata-mata demi lingkungan yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com