Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Masuk TMII Dipastikan Tak Naik meski Kelar Direnovasi

Kompas.com - 28/09/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dipastikan tidak mengalami kenaikan usai dilakukan renovasi.

Menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Infrastruktur G20 Achmad Gani Ghazaly Akman, ini dikarenakan renovasi TMII menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Tiket masuk belum dihitung, tapi kelihatannya, karena menggunakan APBN tetap sama saja, tidak mahal,” katanya usai press tour kunjungan kerja (kunker) bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (28/9/2022).

Gani mengungkapkan, penjualan tiket nantinya akan dibatasi. Dengan begitu, pengunjung yang datang pun juga mengalami pembatasan.

Enggak tahu berapa dulu, sekitar 1.000, 2.000, melalui online (daring) juga mungkin ada, pembatasan jumlah,” sambung Gani.

Setelah G20 digelar, masyarakat akan bisa menikmati wajah baru TMII usai direnovasi.

Baca juga: Setelah Renovasi, TMII Dibuka untuk Perhelatan G20 6 Oktober 2022

Namun demikian, pembukaan TMII kepada masyarakat setelah acara G20 belum dapat dipastikan tanggalnya. Akan tetapi, diperkirakan November mendatang.

Melansir dari laman resmi Kementerian PUPR, luas area pekerjaan revitalisasi TMII meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektar dan kawasan seluas 26,56 hektar.

Proyek ini dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun.

Zona 1 bertema Indonesia Klasik elegan dan geometri yang meliputi penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila dan Keong Mas.

Selain itu, juga ada penataan Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM yang termasuk dalam zona 1.

Zona 2 bertema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur, mencakup penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego.

Sementara Zona 3 bertema Indonesia Kini Modern meliputi penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com