Kompas.com - 24/09/2022, 14:00 WIB
Penulis Thefanny
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Arab Saudi telah memulai tahap pembangunan salah satu proyek kota futuristik Neom, “The Line” setelah diumumkan pada Januari 2021 silam.

Namun, proyek jumbo yang diperkirakan menelan biaya 500 dollar AS atau ekuivalen Rp 7,552 kuadriliun, disangsikan dapat terlaksana.

The Line adalah sebuah kota yang akan dibangun secara linier dengan fasad cermin di kedua sisi bangunan sepanjang 170 kilometer, membentang dari laut merah hingga pegunungan dan gurun.

Gedung panjang ini dirancang selebar 200 meter dengan ketinggian mencapai 500 meter, lebih tinggi dari sebagian gedung pencakar langit di dunia.

Baca juga: Tahun 2024, Kota Pintar Neom ala Arab Saudi Dibuka untuk Umum

Kota ini dikatakan dapat menampung hingga sembilan juta penduduk dan bebas dari polusi, bergantung pada energi terbarukan.

Densitas populasi kota dirancang sangat padat dan berdekatan sehingga penduduknya dapat beraktivitas di sejumlah pusat kegiatan hanya dengan berjalan kaki.

The Line akan dibagi menjadi tiga level, ruang terbuka untuk pejalan kaki, kawasan bisnis, dan transportasi di level dasar. Transportasi yang akan digunakan pun berbasis AI sehingga tidak menimbulkan polusi.

Kota linear ini menjadi salah satu proyek kota futuristik Neom dengan dua proyek lainnya, proyek kota apung Oxagon dan tempat rekreasi Trojena.

Neom menjadi salah satu proyek Arab Saudi untuk mulai menggantungkan ekonominya pada pariwisata, industri, dan energi terbarukan.

Selama ini, Arab Saudi lebih banyak menggantungkan ekonominya pada sektor minyak bumi.

Neom menjadi bagian dari Saudi Vision 2030 dan diharapkan akan selesai tepat waktu tahun 2030.

Namun, dengan sisa waktu delapan tahun dan proyek-proyeknya yang begitu besar, banyak pengamat yang tidak yakin proyek ini dapat selesai tepat waktu dan akan memakan biaya yang lebih besar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.