Kompas.com - 19/08/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan tempat istirahat dan pelayanan atau rest area di jalan tol tidak sembarangan. Terdapat aturan jarak interval antar-rest area.

Ketentuan itu agar aktivitas berkendara di jalan tol bisa terasa nyaman dan tidak melelahkan.

Dilansir dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Jumat (19/8/2022), rest area jalan tol terbagi menjadi tiga tipe, yakni A, B, dan C sesuai dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Yakni kondisi jalan akses menuju rest area, on/off ramp, toilet gratis dan bersih, parkir kendaraan (teratur, bersih, gratis, dan tidak parkir di on/off ramp).

Kemudian, penerangan, stasiun pengisian bahan bakar (BBM), bengkel umum, serta tempat makan dan minum.

Baca juga: Ada Rest Area Tipe A, B dan C, Apa Sih Bedanya?

Selain itu, kehadiran rest area juga diharapkan dapat menjadi tempat edukasi dengan memberikan informasi tentang banyak hal.

Seperti obyek wisata dan juga disajikan bermacam etalase produk lokal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta pengembangan wilayah sekitarnya.

 

Hingga tahun 2021, jumlah rest area di jalan tol dengan total sebanyak 116. Terdiri dari Tipe A sebanyak 76 dan Tipe B sebanyak 40.

Kemudian, untuk rest area tipe C (Parking Bay) sebanyak 16, sedangkan yang dalam tahap konstruksi ada 13.

Baca juga: Khusus UMKM, Segini Aturan Harga Sewa Lapak di Rest Area Jalan Tol

Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Jalan Tol, berikut jarak lokasi setiap rest area jalan tol:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.