Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2022, 18:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Bagi para kaum lanjut usia (lansia) tentu kenyamanan dan keamanan sebuah rumah merupakan hal yang sangat penting.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah soal pemilihan penutup lantai. Penutup lantai yang tepat bisa mencegah risiko terjadinya kecelakaan di dalam rumah. Misalnya terpeleset di area tertentu.

Dari banyaknya material yang ada di pasaran, berikut tiga material penutup lantai yang seharusnya dihindari dalam rumah yang dihuni oleh lansia.

Baca juga: Batu Alam, Penutup Dinding yang Cantik dan Murah Meriah

Lantai dari bahan batu alam

Batu alam merupakan material lantai yang memiliki struktur yang sangat keras dan sangat kokoh sehingga bisa menjadi pijakan yang kurang nyaman bagi kaki para lansia.

Proses perawatan lantai dari batu alam juga membutuhkan frekuensi yang cukup sering agar bahannya tetap bersih dan mengkilap.

Seperti material ubin keramik atau porselen, lantai batu bisa sangat dingin. Ini bisa diantisipasi dengan memasang sistem pemanas di bawah permukaan lantai.

Ubin

Baik ubin yang terbuat dari material keramik maupun porselen, sangat tahan lama sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Namun ubin merupakan bahan penutup lantai dengan tekstur yang sangat keras dan dingin sehingga mungkin tidak nyaman untuk menjadi pijakan para lansia.

Baca juga: Ubin Keramik versus Ubin Porselen, Mana yang Lebih Baik?

Ubin dengan sambungan nat yang lebar atau permukaan yang tidak rata dapat menimbulkan potensi bahaya yakni tersandung.

Karpet area

Karpet area merupakan jenis karpet yang hanya dapat menutup sebagian lantai. Biasanya karpet jenis ini diletakan di bawah meja atau sofa.

Meski bisa memberikan keindahan dalam hunian, karpet jenis ini sebaiknya jangan ada di dalam rumah para lansia karena bisa menimbulkan bahaya tersandung yang serius.

Di rumah para warga senior, sebaiknya jangan ada area dengan transisi tinggi antar ruangan atau bahan yang berbeda karena memperbesar potensi untuk kecelakaan. .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com