Kompas.com - 17/08/2022, 20:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus mengebut pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, tak terkecuali jalan tol.

Jalan tol dibangun karena memiliki beragam tujuan dan manfaat, seperti melancarkan lalu lintas (lalin) di daerah berkembang.

Kemudian, meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa, meratakan hasil pembangunan dan keadilan, dan masih banyak lagi.

Tepat pada hari ini, 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77.

Ada hal menarik dari perayaan HUT RI kali ini. Sebab, beberapa jalan tol nyatanya dirancang dengan panjang yang sama dengan momentum sekarang.

Melansir laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berikut ini daftarnya:

1. Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) Seksi II  Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer

Ruas ini dirancang sama dengan usia HUT Kemerdekaan RI tahun 2022 yang ke-77 tahun sekaligus merupakan bagian dari Tol Terpeka.

Jalan tol tersebut diketahui sudah beroperasi penuh sejak Maret 2019 lalu atau tiga tahun silam.

Jalan bebas hambatan berbayar ini memiliki peran penting dalam meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan (Sumsel).

Baca juga: Kelar 2023, Ini Kabar Terbaru Proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.