Meriahkan 17 Agustus, Lokomotif Listrik Pertama Indonesia Dioperasikan

Kompas.com - 17/08/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan lokomotif listrik pertama di Indonesia untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022).

Adalah Lokomotif Bon-Bon atau Lokomotif Listrik ESS3201 yang pertama kali dijalankan pada 6 April 1925 dalam peresmian elektrifikasi jalur kereta api di rute Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara).

Lokomotif bersejarah ini dijuluki Bon-Bon karena dahulu suara klaksonnya berbunyi "boon boon".

Jalur kereta listrik di Batavia ini menandai dibukanya sistem angkutan umum massal yang ramah lingkungan dan menjadi salah satu sistem transportasi paling maju di Asia kala itu.

Pengoperasian kembali Lokomotif Bon-Bon dilaksanakan dalam kegiatan bertajuk Kereta Bersejarah Menyapa dengan tur dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Tanjung Priok.

Baca juga: Mulai Senin 15 Agustus, Naik Kereta Jarak Jauh Wajib Tes PCR

Kegiatan tersebut diikuti oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran KAI dan komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS).

Para peserta serta petugas kereta bersejarah mengenakan pakaian bertema masa kemerdekaan untuk mengenang perjuangan para pahlawan.

Dalam rangkaian kegiatannya, jajaran Direksi KAI menyapa pelanggan, membagikan bendera kepada pelanggan, melakukan perjalanan dengan kereta bersejarah, dan lomba mewarnai bagi anak-anak dengan tema kemerdekaan.

"Pada hari ini, KAI turut serta memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama seluruh pelanggan melalui perjalanan kereta bersejarah dan berbagai kegiatan lainnya," kata Didiek.

Kereta Djoko KendilKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Kereta Djoko Kendil
Selain Lokomotif Bon-Bon, KAI juga mengoperasikan kembali Kereta Djoko Kendil yang pertama kali digunakan pada 1938 untuk melayani kereta mewah Nacht Express relasi Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta.

Baca juga: Spesifikasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Ukuran hingga Fasilitasnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.