Kompas.com - 17/08/2022, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Banten West Java (BWJ) menggelar upacara di bawah laut untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Tanjung Lesung, Banten.

Upacara tersebut merupakan salah satu kegiatan dari acara Parade Merdeka: Tanjung Lesung Tanam Kembali pada Selasa (16/8/2022)-Rabu (17/8/2022).

Upacara diawali dengan penyerahan bendera dari rombongan komunitas sepeda kepada Direktur Operasional BWJ Kunto Wijoyo.

Kemudian, bendera dibawa ke pinggir Pantai Lalassa di mana paskibra dari SMA Presiden telah menunggu untuk kemudian dibawa ke ponton di tengah laut.

Setelah tiba di ponton, 20 penyelam masuk ke dalam laut dan dilanjutkan oleh 3 orang penyelam untuk melakukan pengibaran bendera.

Baca juga: Rusun KEK Tanjung Lesung Rampung, Bikin Pekerja Hemat Ongkos

Acara dilanjutkan dengan kegiatan transplantasi terumbu karang yang dilakukan oleh tim gabungan dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Yayasan Konservasi Sulat Sunda, Saka Bahari dan Ndlahom Project.

Sementara itu, ada kegiatan lain di Parade Merdeka meliputi bazaar, live music, berbagai perlombaan, penanaman bibit pohon, penyambutan marathon sepeda yang dihadiri oleh wisatawan, warga setempat, mahasiswa dan komunitas.

Tercatat ada 200 orang hadir dalam Parade Merdeka di Tanjung Lesung ini. Untuk masuk ke Lalassa Beach Club dan bisa mengikuti serangkain acara, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 45.000.

Adapun rangkaian acara sebenarnya dimulai dari pelepasan marathon sepeda pada Selasa pagi di Menara Batavia, Jakarta.

Pelepasan tim marathon sepeda dalam Parade Merdeka oleh PT BWJ di Tanjung Lesung, BantenDok. PT BWJ Pelepasan tim marathon sepeda dalam Parade Merdeka oleh PT BWJ di Tanjung Lesung, Banten
Direktur Utama BWJ Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, pihak Tanjung Lesung menggandeng komunitas dan instansi untuk sama-sama mendongkrak pariwisata.

Baca juga: Sedang Dibangun di KEK Tanjung Lesung, Ketahui Jenis-jenis Pengaman Pantai

Kegiatan ini juga sekaligus untuk berpartisipasi dalam melestarikan alam di tengah ancaman global warming.

"Parade Merdeka berhasil menjadi daya tarik pariwisata, promosi dan sinergi kreativitas komunitas dan instansi, yang tentu memperkuat Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata," terang Poernomo.

Poernomo berharap Tanjung Lesung bisa menjadi sebuah hub untuk berbagai komunitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.