Jutaan Bidang Tanah di Aceh Belum Terdaftar, Raja Juli Antoni: Tuntaskan dengan Kualitas

Kompas.com - 15/08/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jutaan bidang tanah di Provinsi Aceh masih belum terdaftar. Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan.

Berdasarkan data Kementerian ATR/BPN pada Senin (15/08/2022), jumlah target bidang tanah untuk Provinsi Aceh sebanyak 2.952.300 bidang.

Adapun hingga kini, ada 1.593.833 bidang (53.98 persen) yang terdaftar terpetakan. Lalu yang terdaftar bersertifikat 1.388.402 bidang (47.02 persen).

Sedangkan untuk tanah yang masih belum terdaftar masih sebanyak 1.358.467 bidang.

Oleh sebab itu, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni meminta seluruh jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Aceh berupaya menuntaskan pendaftaran seluruh bidang tanah yang ada.

Akan tetapi, ia mengingatkan bahwa percepatan bukan berarti melupakan kualitas data pertanahan yang didaftarkan. 

Baca juga: Progres Terbaru: 94,2 Juta Bidang Tanah di Indonesia Telah Terdaftar Lewat PTSL

"PTSL ini untuk memberikan kepastian hukum. Jangan sampai kalau kualitasnya kurang, malah memunculkan ketidakpastian hukum esok, dan di kemudian hari," ujar Raja Juli Antoni saat mengunjungi Kanwil BPN Provinsi Aceh pada Minggu (14/08/2022). 

Menurutnya, Kantor Pertanahan (Kantah) merupakan ujung tombak layanan pertanahan

Maka dari itu harus mampu memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan prosedur agar kepastian hukum tersebut bisa tercapai. 

"Melalui pendaftaran tanah yang berkualitas baik, tentu dapat menghindari terjadinya konflik pertanahan," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil BPN Provinsi Aceh, Mazwar menyampaikan, saat ini proses pendaftaran tanah juga harus memenuhi tiga aspek utama.

"Jadi kita harus berprinsip cepat, tepat, selamat. Sudah tidak bisa lagi kita menggunakan semboyan biar lambat asal selamat. Kalau ini sudah terpenuhi seperti yang dikatakan Pak Wamen tadi kita bisa tuntas dan berkualitas," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.